Geliat Seni Reog Ponorogo di Tanah Urban

Tangerang, Banten - Di tengah-tengah pesatnya perkembangan teknologi yang berdampak terhadap menurunnya nilai-nilai budaya, tidak menyurutkan semangat sekelompok remaja di wilayah Kabupaten Tangerang untuk tetap melestarikan seni dan budaya tradisional nusantara. Di wilayah Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang misalnya, anak-anak remaja putri penuh percaya diri membawakan tari jatil yang merupakan bagian dari seni reog Ponorogo.

Sesepuh sekaligus pembina seni reog Ponorogo di Tangerang Agoeng Djatmiko mengungkapkan, seni yang berasal dari Ponorogo, Jawa Timur ini tumbuh subur di Tangerang. Hampir di setiap kecamatan, baik di wilayah Kota Tangerang, Kota Tangsel, dan Kabupaten Tangerang ada kelompok kesenian reog Ponorogi ini.

“Bahkan se-Jabotabek-Banten ada,” ujar Agoeng yang juga sebagai pengurus di bidang hubungan antardepartemen pada Paguyuban Reog Ponorogo se-Jabotabek-Banten kepada merahputih.com, Selasa (20/9).

Pesertanya sendiri, kata Agoeng, terdiri dari berbagai profesi, mulai dari buruh pabrik, pedagang kaki lima, pejabat, bahkan anak-anak pelajar. “Untuk anak-anak pelajar ini, kita memang meregenerasi supaya seni reog Ponorogo ini tetap lestari dan estafet dari generasi ke generasi,” katanya.

Bahkan, dalam waktu dekat, grup reog Ponorogo binaannya akan dikirim ke New Zealand untuk mengikuti pagelaran budaya internasional. Dan, pada November 2016 mendatang juga akan mengikuti festival seni budaya tingkat nasional di Bali.

Ezy Aprillia Zaelani, salah seorang peserta seni reog Ponorogo di Kecamatan Solear mengatakan bangga bisa menarikan tari jatil reog Ponorogo. Ia juga mengaku tidak malu dan tidak takut dibilang oleh anak-anak seusianya sebagai remaja yang tidak kekinian. Saat ini, Ezy bergabung di Sanggar Reog Ponorogo Bimo Budoyo di Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang.

“Kita harus bangga dong, ini kan seni tradisi nusantara. Jangan sampai diklaim lagi sama negara lain,” ucap Ezy yang saat ini duduk di bangku sekolah kelas III SMK Negeri 8 Kabupaten Tangerang.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign