Kirab Budaya Bregada Buka Pelangi Bumi Merapi

Sleman, DIY - Sebanyak 34 Bregada Prajurit Tradisional dari 17 Kecamatan se Kabupaten Sleman bakal tampil di kawasan Pemkab Sleman Yogyakarta, Sabtu (23/09/2016). Mereka menghibur masyarakat dan wisatawan dengan melakukan kirab sepanjang 1 (satu) kilometer dengan start Lapangan Denggung menuju Lapangan Pemda Sleman.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ir. AA Ayu Laksmidewi TP, MM, Jum’at (23/09/2016) di sela memantau persiapan Pembukaan Pelangi Budaya Bumi Merapi di Lapangan Denggung Sleman Yogyakarta menjelaskan usai Kirab Bregada, pada malam harinya mulai pukul 18.00 di Gedung Serbaguna disajikan wayang suket, emprak, jeber juwes, kethek ogleng, dadungawuk, srunthul, sampakan. Sedangkan Minggu (25/09/2016) dipentaskan atraksi kesenian jathilan, orchestra serenade, tarian teatrikal, flashmop dilanjutkan dengan kirab pelangi budaya Bumi Merapi.

"Kirab pelangi terdiri atas 55 kontingen dari berbagai kalangan dan komuitas seni budaya, museum, sekolah, perwakilan luar daerah yaitu Riau, Lampung, Papua, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, NTB," kata Ayu.

Ayu menjelaskan Festival Bragada Prajurit akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp.20 juta, dengan rincian untuk Penampil Terbaik 1 - Terbaik 6 secara berturut-turut memperoleh hadiah tropy dan uang pembinaan sebesar Rp.5 juta, Rp.4,5 juta, Rp.4 juta, Rp.3 juta, Rp.2 juta dan Rp.1,5 juta.

Ayu meminta masyarakat dan wisatawan yang menonton Kirab Bragada Prajurit menjaga keamanan dan ketertiban agar dapat menyaksikan kirab dengan nyaman dan tidak menimbulkan kerusakan taman yang ada disepanjang jalur kirab.

-

Arsip Blog

Recent Posts