Lagi, KPK Periksa Pejabat Pemprov

PEKANBARU - Setelah memeriksa sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, Senin (2/4), lima orang penyidik dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (3/4), kembali memeriksa para pejabat dan pegawai di lingkungan Pemprov. Kemarin giliran pejabat di Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau, Na, dan salah seorang kepala biro di kantor Gubernur Riau, diperiksa penyidik KPK. Keduanya menjalani pemeriksaan di ruangan berbeda. Na diperiksa di ruang gelar perkara Direktorat Reserse Kriminal sedangkan satu lagi diperiksa di eks ruangan Wadir Reskrim yang berhadapan dengan ruangan Direktur Reskrim Polda Riau.Na mulai diperiksa pukul 09.00 WIB. Sampai pukul 17.00 WIB Na masih terlihat memberikan keterangan kepada penyidik KPK. Selain kedua pejabat ini masih ada pegawai lainnya yang diperiksa penyidik KPK. Akan tetapi, baik inisial maupun jabatan pegawai tersebut di lingkungan Pemprov Riau masih belum diketahui. Sementara itu, Riau Mandiri mencoba mengkonfirmasi kepada salah seorang penyidik KPK. Namun sang penyidik tak bersedia berkomentar. Penyidik yang diperkirakan berusia 35-40 tahun ini menyarankan Riau Mandiri untuk menghubungi Jakarta. “Saya tidak berwenang berkomentar tentang siapa yang saya periksa dan dalam kasus apa. Sebaiknya Bapak menghubungi Jakarta,” kata penyidik yang juga tidak bersedia menyebutkan namanya itu. Sementara itu, salah seorang pegawai yang diperiksa KPK saat dikonfirmasi tentang pemeriksaan yang dilakukan KPK terhadapnya, secara tak langsung mengakui dengan menganggukan kepala bahwa kasus yang tengah diselidiki KPK adalah kasus pengadaan mobil pemadam kebakaran era Gubri sebelumnya.

“Apakah Bapak diperiksa terkait pengadaan mobil pemadam kebakaran,” tanya Riau Mandiri yang dijawab dengan anggukkan oleh pegawai yang tidak mau menyebutkan namanya sembari terburu-buru masuk ke ruang tempat Na diperiksa. Gubri tak Tahu Sementara itu Gubri Rusli Zainal kaget mendengar pertanyaan sejumlah wartawan tentang pemeriksaan terhadap sejumlah pejabat di lingkup Pemprov Riau oleh KPK. Tidak hanya Gubri, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) HR Mambang Mit juga menyatakan hal yang sama. “Diperiksa KPK, mengenai apa itu,” ucap Gubri santai menjawab Riau Mandiri, Selasa (3/4), usai membuka Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Musrenbangda) Riau tahun 2007 di Gedung Daerah.

Sementara itu, Sekdaprov Mambang Mit di tempat terpisah saat dikonfirmasikan Riau Mandiri juga mengaku tidak tahu terkait pemeriksaan dua pejabat Pemprov Riau oleh KPK, Senin (2/4) di Mapolda Riau. “Soal itu saya belum tahu, belum mendapat informasi,” jelas Mambang.(tar,ara)

Sumber : riaumandiri.us : 3 April 2007
Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign