Masyarakat Indonesia di Florida Gelar Malam Indonesia

Florida, AS - Gemerlap merah putih terasa sangat semarak di Bartow Civic Center, Florida pada Sabtu malam, 27 Agustus 2016. Acara malam Indonesia yang diprakarsai oleh group HORAS Florida didukung oleh masyarakat Indonesia yang bermukim di Florida. Nuansa keberagaman budaya, suku, dan istiadat membaur menjadi satu sesuai dengan tema yang diusung "Indonesia Unity in Diversity".

Ketua panitia acara yang bertajuk “Indonesia Bersatu dalam Keberagaman” ini, Merry Sirait, mengatakan, "Kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh komunitas Indonesia di Florida ini, adalah yang pertama kali diadakan oleh HORAS Florida, juga sebagai upaya perayaan kemerdekaan Indonesia 17 Agustus."

Acara ini dipersiapkan selama kurang lebih tujuh bulan dan melibatkan penari lokal beragam usia, mulai dari anak-anak hingga para remaja dan ibu-ibu. Kelompok musik tradisional Kolintang, Kawanua, dan kelompok Angklung, VIDA, juga ikut terlibat.

Sekitar 500 orang yang merupakan masyarakat Indonesia dari berbagai penjuru negara bagian Florida hadir di acara tersebut. Perwakilan Konsulat Jenderal RI di Houston dan Judge Catherine Greene selaku perwakilan pemerintah setempat Mayor of Lakeland juga ikut menghadiri acara itu.

Acara malam Indonesia ini dimulai dengan berkumandangnya lagu kebangsaan Indonesia Raya. Disambung dengan sajian tarian budaya dari berbagai adat termasuk Tari Manuk Dadali dari Jawa Barat hingga Tari Belian Setiu dari Kalimantan. Warga ikut menari bersama saat tarian Tortor Batak ditampilkan. Malam makin meriah dengan pertunjukan musik tradisional Angklung dan Kolintang.

Seperti kebanyakan acara yang diselenggarakan oleh masyarakat Indonesia, makanan Indonesia adalah hal yang paling dinanti, seperti tumpeng dan rendang serta balado teri kacang yang disajikan malam itu.

Di sela-sela acara, Konsulat Jenderal Indonesia memberikan sertifikat penghargaan kepada empat organisasi Indonesia di Florida atas upaya penyebaran budaya Indonesia di negeri Paman Sam, yaitu HORAS Florida, Iawa Florida, Mapalus Kawanua Florida dan VIDA.

-

Arsip Blog

Recent Posts