Raja se-Kalbar Hadiri Paradje

Sanggau, Kalbar - Festival budaya Paradje ke VIII yang digelar di Keraton Sanggau berlangsung meriah, Senin (5/9/2016).

Sejumlah raja-raja se Kalbar hadir dalam acara tahunan tersebut.

Selain itu, acara tersebut dihadiri Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pemerintah Provinsi Kalbar, Yusri Zainuddin, para kerabat dari negara Brunai dan Malaysia serta Camat se-Kabupaten Sanggau, Lurah, pengurus paguyban, para tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kabupaten Sanggau.

Acara dimulai dengan mengelilingi Kota Sanggau yang oleh sejumlah pengawal, tokoh adat keraton dipimpin panglima Keraton mengelilingi Kota Sanggau dengan membacakan doa.

Dalam sambutannya, Pangeran Ratu Surya Negara Gusti Arman menjelaskan bahwa paradje adalah tradisi yang pernah dilaksanakan oleh para leluhur baik di kerajaan maupun di kampung-kampung.

“Paradje itu artinya pembersih negeri yaitu membuang hal-hal yang sifatnya negatif karena yang dibaca itu ayat suci Al Qur’an,” katanya.

Raja menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah yang mensuport penuh acara paradje ini. Ia berharap, etnis Melayu terus mengembangkan adat dan budayanya.

“Kalau bukan kita sendiri yang mengembangkannya siapa lagi. Kita harus terus mempertahankan budaya kita karena memang adat dan istiadat ini adalah ciri khas bangsa kita,” harapnya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign