Tiga Tahanan Kasus Korupsi Tana Toraja Dirawat di RS

Makassar, Kompas - Wakil Bupati Tana Toraja Andarias Palino Popang yang berstatus tahanan di Rutan Kelas 1 Makassar, Rabu (16/5) malam, dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Makassar karena kesehatannya memburuk. Saat ini ketiga tahanan kasus dugaan penyalahgunaan dana APBD Kabupaten Tana Toraja 2003/2004 senilai Rp 3,9 miliar itu berada dalam perawatan dokter di RS Bhayangkara.

Popang dibawa ke RS Bhayangkara sekitar pukul 21.00 Wita. Kepala Kejaksaan Negeri Makassar AR Nashruddien mengatakan, dalam surat yang ditandatangani Kepala Rutan Kelas 1 Makassar Imam Suyudi disebutkan, kesehatan Popang terus memburuk sehingga pihaknya mengizinkan Popang dibawa ke RS Bhayangkara.

Senin lalu, setelah ditahan selama 8 jam, Bupati Tator Johanis Amping Situru dan mantan Wakil Bupati Cornelius L Palimbong juga masuk RS Bhayangkara karena kondisi kesehatannya terus menurun. Hingga kemarin, mereka masih dalam perawatan.

Penasihat hukum Amping, Jamaluddin Rustam, menuturkan, kondisi Amping masih sangat lemah. Tangannya masih dipasangi selang infus dan bernapas dengan bantuan oksigen.

Jamal mengatakan, pihaknya berencana mengajukan penangguhan penahanan terhadap Amping. "Selama pemeriksaan klien saya sangat kooperatif. Dia juga tidak mungkin melarikan diri dan menghilangkan barang bukti," katanya.

Menurut Nashruddien, meski telah berada di RS Bhayangkara selama empat hari, baik Amping maupun Palimbong masih berstatus tahanan. Hasil pemeriksaan dari dokter pembanding untuk Amping dan Palimbong masih ditunggu. (DOE)

Sumber : kompas.com : 18 Mei 2007
Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign