Turnamen Gasing Bangkitkan Permainan Budaya Lokal yang Nyaris Hilang

Siak, Riau - Dalam rangka memperingati HUT RI Ke-71 Kelurahan Kampung Rempak, Kecamatan Siak, menggelar Open Turnamen Gasing yang di ikuti sebanyak 182 peserta (26 Grub) dari Kecamatan se-Kabupaten Siak. Jalan Mekar Sari, Kwalian, Siak. Selasa (13/9/2016).

Open Turnamen Gasing di kampung Rempak ini selain diikuti dari Kecamatan se-Kabupaten Siak, juga diikuti satu klub dari Kota Pekanbaru yakni dari Rumbai. Diselenggarakan selama 8 hari dimulai tanggal 09 September - 16 September 2016.

Ketua pelaksana Turnamen Gasing Arifin mengatakan, Disamping memperingati HUT RI Ke-71, juga bertujuan membangkitkan dan mengembangkan kembali permainan budaya lokal yang sudah lama ditinggal. Jadi dengan Turnamen ini kita harapkan permainan budaya lama ini supaya tidak ditelan zaman.

"Tahun ini merupakan tahun kedua dari pergelaran Turnamen Gasing yang dilaksanakan di Kecamatan Siak, masih bisa kita pastikan jika permainan Gasing ini masih diminati oleh masyarakat," Ujar Arifin.

Mudah - mudahan Turnamen ini tidak hanya sampai disini, sebagaimana pernyataan Bupati Siak yang mengatakan bahwasanya Siak merupakan Pusat Budaya Melayu dan permainan tradisional ini akan diadakan di Bupati Cap.

"Selain mengembangkan permainan lama, permainan gasing ini juga bisa menumbuhkan Prekonomian masyarakat dalam pembuatan gasingnya," Tambah Arifin .

Harapannya semua permainan yang bersifat tradisional yang salah satunya permainan gasing bisa kembali di kenalkan dan dikembangkan, serta terkhusus permainan Gasing kepada pemerintah Kabupaten Siak bisa membuat tempat atau gelanggang standar permainan Gasing.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign