Purworejo Gelar Parade Budaya

Purworejo, Jateng - Hujan dengan intensitas sedang tidak menyurutkan sekitar 10 ibu-ibu untuk unjuk gigi. Menyelipkan tembakau dan mencari kutu rambut temannya disampaikan dengan jenaka. Gerakan mereka lugas dan lepas tanpa menyadari usia mereka tak lagi muda.

Ya, itulah penampilan grup gejog lesung dari Kecamatan Butuh, dalam rangkaian Parade Budaya Purworejo menyambut Hari Jadi ke-1.115 Purworejo yang dipusatkan di depan gerbang utama Pendopo Rumah Dinas Bupati, kemarin (2/10) siang.

Sebanyak 17 peserta yang terdiri atas perwakilan setiap kecamatan dan satu grup paguyuban perias pengantin, memperlihatkan bentuk kesenian andalan daerah masing-masing. Beberapa kesenian yang hampir punah juga ditunjukkan untuk sekadar mengingatkan begitu kayanya budaya di

Kabupaten Purworejo.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purworejo Muh Wuryanto mengatakan, kegiatan parade budaya ini merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Jjadi Kabupaten Purworejo yang jatuh 5 Oktober nanti. Menurutnya, kegiatan itu sebagai bentuk hiburan yang bisa dikembangkan sebagai sajian wisata.

“Kami memiliki banyak jenis kesenian. Bahkan beberapa di antaranya nyaris hilang. Dengan adanya kegiatan ini kami harapkan semua jenis-jenis kesenian yang ada di Purworejo tetap ada dan lestari,” kata Wuryanto.

Bupati Purworejo Agus Bastian menyampaikan bahwa keanekaragaman budaya menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan dan tumbuh berkembang demi kokohnya persatuan dan kesatuan. “Mengelola budaya dan melestarikan kebudayaan dengan baik dan profesional penting bagi kita untuk memperkokoh ketahanan budaya, dan ini perlu melibatkan semua pihak,” kata bupati.

Ia berharap kepada seluruh masyarakat agar seni budaya yang ada terus diupayakan tetap kokoh, semarak dan mendapat apresiasi yang tinggi di kalangan warga. “Saya minta kegiatan seperti ini terus dikembangkan dan semakin menarik dari waktu ke waktu. Sehinga bisa menjadi bagian dari promosi dan daya tarik kunjungan di Kabupaten Purworejo,” harapnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts