23 Museum di Indonesia Pamerkan Koleksi Alat Musik Tradisional

Semarang, Jateng - 23 museum di Indonesia memamerkan benda koleksi alat musik tradisional dalam pameran Swararupa Etnik Nusantara di Museum Jawa Tengah Ranggawarsita Semarang, Jumat (21/10).

Pameran bertajuk Swararupa Etnik Nusantara ini menghadirkan beberapa alat musik tradisional dari empat klasifikasi alat musik yakni petik, pukul, gesek dan tiup seperti gamelan dari Jawa, Tifa dari Papua, Sasando dari NTT, Sampe alat musik Suku Dayak dan masih banyak lagi. Pameran ini akan berlangsung hingga tanggal 24 Oktober 2016.

Kepala Museum Jawa Tengah Ranggawarsita Steven Timisela mengatakan, pameran rutin tahunan ini merupakan komitmen kebersamaan antar museum untuk menghadirkan diantaranya koleksi sebagai proses mengharmoni peradaban.

“Tujuannya agar masyarakat kembali mengapresiasi alat musik tradisional ini sebagai karya-karya peninggalan leluhur yang mempunyai nilai filosofis tinggi diharapkan masyarakat lebih mengenal mencintai sebagai apresiasi terhadap budaya bangsa,” katanya.

Steven melihat alat-alat musik di setiap daerah hampir mempunyai kemiripan sehingga bisa menujukkan bahwa alat-alat musik itu bisa menjadi perekat persatuan bangsa.

Dengan pameran ini lanjut Steven, ingin menggugah anak muda ditengah musik-musik modern yang harus tetap mengapresiasi alat musik tradisional sebagai satu kekayaan budaya bangsa.

Vanya siswi SMP Krista Mitra mengaku baru kali ini melihat alat musik tradisional yang jenisnya bermacam-macam sehingga bisa langsung melihat dan mempelajari nilai filosofisnya.

“Sebelumnya tidak pernah melihat alat-alat musik tradisional,” ucapnya.

Ke-23 museum yang mengikuti pameran itu adalah Museum Negeri Nangroe Aceh Darussalam, Museum adityawarman Sumatra Barat, Museum Negeri Sumatra Utara, Museum Negeri Bengkulu, Museum Negeri Jambi, Museum Balaputra Dewa Sumatra Selatan, Museum Ruwa Jurai Lampung, Museum Negeri Kalimantan Barat, Museum Lambung Mangkurat Kalimantan Selatan, Museum Mulawarman Kalimantan Timur, Museum Dematande Sulawesi Barat, dan Museum Sang Nila Utama Riau.

Selanjutnya Museum Negeri Nusa Tenggara Barat, Museum Negeri Nusa Tenggara Timur, Museum Negeri Sulawesi Utara, Museum Negeri La Galigo Sulawesi Selatan, Museum Negeri Sulawesi Tengah, Museum Sonobudoyo Yogyakarta, Museum Loka Budaya Uncen Papua, Museum Negeri Provinsi Papua, Museum Nasional Jakarta dan Museum Sri Baduga Jawa Barat.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign