Buen Festival untuk Menghidupkan Budaya Kegotong Royongan

Penajam, Kaltim - Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Mustaqim MZ sangat mendukung dan memberikan apresiasi kepada masyarakat Desa Bangun Mulya, Kecamatan Waru, yang akan menggelar Buen Festival 7-9 Oktober mendatang.

Festival ini akan menghidupkan lagi kegotong royongan di masyarakat.

Mustaqim menjelaskan, Buen Festival ini merupakan salah satu bentuk kreativitas bagi para pencinta seni dan budaya khususnya yang berada di Desa Bangun Mulya.

Apalagi dalam kegiatan ini selain akan menampilkan seni dan budaya juga ada kuliner dan pameran produk UMKM.

Ia mencontohkan kegiatan yang pernah di gelar di Kota Malang, Jawa Timur. Kegiatan yang digagas Jaringan Kampung Nusantara (Japung) tersebut betul-betul melibatkan masyarakat, dan budaya gotong royong di masyarakat kembali hidup.

Hal ini terjadi karena mulai pembuatan stand dilakukan secara bersama-sama masyarakat. Bukan hanya itu, kegiatan ini tidak digelar di gedung mewah namun hanya di kampong-kampung yang ada di kota tersebut.

“Jadi kampung itu betul-betul digunakan, karena lahan kosong dipakai untuk tempat stand pameran maupun panggung hiburan. Padahal itu kampung namun para pengujung banyak sekali,” katanya.

Dengan demikian, Mustaqim berharap hal seperti itu juga akan terlaksana pada saat Buen Festival nantinya.

Menurutnya, selain menghidupkan kembali budaya gotong royong, festival seperti ini juga menghilangkan berbedaan baik budaya maupun agama sampai ras.

Karena mereka yang bergabung dalam Buen Festival nanti tidak lagi memandang perbedaan, namun mereka menyatuh dalam satu tujuan yaitu mengembangkan seni dan budaya lokal.

“Nanti kegiatan ini juga jelas akan berdampak secara ekonomi kepada masyarakat, karena banyak masyarakat yang akan datang berkunjung,” ucapnya.

Bahkan ia berharap dalam pelaksanaan Buen Festival nantinya juga dilakukan evaluasi agar pelaksanaan berikutnya akan lebih sempurna lagi.

Bukan hanya itu, juga berharap agar pelaksanaan Buen Festival bisa menjadi agenda tahunan, apalagi kegiatan ini digagas masyarakat termasuk dalam hal pendanaan juga dari masyarakat.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign