Lestarikan Budaya, Karangnangka Gelar Suran

Banyumas, Jateng - Budaya leluhur masih dilestarikan di Desa Karangnangka, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Hal ini ditandai dengan dilaksanakannya tradisi Suran dan Ruwat Bumi secara rutin seperti yang dilaksanakan pada Minggu (23/10).

“Kita mencoba untuk tetap melestarikan budaya ini dari tahun ke tahun, biasanya malah sampai nyembelih kerbau. Kkalau sekarang tidak, ini kan merupakan penyatuan yang kental dari adat Jawa dan Islam” Ujar Jafar Aerudin, Kades Karangnangka.

Rangkaian acara Tradisi Suran dan Ruwat Bumi di Desa Karangnangka dimulai dari acara Karnaval Grebeg Suran, Tarian Daerah dan Wayang Ruwat. Menurut penuturan Kepala Desa Karangnangka, Karnaval Grebeg Suran ini dimulai dari Lapangan Desa Karangnangka memutari lingkar desa hingga finish di Kantor Desa Karangnangka. Acara ini di ikuti oleh seluruh warga Desa Karangnangka, dari yang muda hingga yang tua dengan antusias.

Dalam acara tersebut disediakan pula gunungan hasil bumi yang nantinya akan diperebutkan oleh warga setelah acara Wayang Ruwat Tradisi ruwat ini dilakukan untuk tetap melestarikan budaya di Desa Karangnangka agar tidak hilang di telan zaman.

“Warga Desa Karangnangka ini tetap uri-uri budaya dari leluhur” ujar Camat Kedungbanteng, dalam sambutan pidatonya.(ayu/bdg)

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign