Lestarikan Tradisi Minang lewat Silaturahmi Budaya Nusantara

Surabaya, Jatim - Inilah untuk pertama kalinya digelar acara silaturahmi mempertemukan masyarakat dari berbagai budaya di Tanah Air yang tinggal di Surabaya.

Kegiatan dipimpin langsung Daulat Yang Dipertuan Raja Alam Minangkabau Pagaruyung Darul Qoror, Tuanku Maharajo Sakti Sultan Haji Muhammad Taufik Thaib, itu digelar di Rumah Gadang Minangkabau Surabaya, Sabtu malam (22/10/2016).

Beragam kesenian khas Minang disajikan kepada para tamu dari berbagai etnis.

Selain Tari Moya, ada Tari Pasambahan yang cukup unik. Tari yang dibawakan tujuh penari ini diakhiri dengan membagikan daun sirih dan gambir untuk dinikmati para tamu.

Prosesi membagikan daun sirih dan gambir itu diawali oleh Raja Minang dan Ratu, dan bergiliran ke para tamu kehormatan hingga merata ke seluruh tamu.

“Ini sebagai bagian menjaga dan melestarikan tradisi masyarakat Minang,” kata Ketua Panitia Pengarah, Tuanku Besar Pendekar Raja Dr Ir H Gatot Kustyadji MM.

Di puncak acara, para tamu disuguhi peragaan busana pengantin dari berbagai daerah, seperti dari Aceh Gayo, Minang, Bugis Makassar, dan Paes Ageng Yogyakarta.

“Kami berusaha menghadirkan busana dengan bahan sesuai daerah asal. Memang tidak mudah, tetapi ini semata agar para tamu bisa mengetahui wujud asli busana-busana pengantin dari Nusantara yang beragam,” urai Zulfa Mitra dari Sanggar Siti Nurbaya yang mengemas aneka kesenian dari berbagai daerah itu.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign