Rencana Zumi Zola Majukan Wisata Kuliner & Kain Batik Jambi

Jakarta - Jambi punya banyak potensi terkait wisata kuliner, serta kerajinan batik. Gubernur Zumi Zola pun punya rencana khusus terkait pengembangan jenis wisata ini.

Gubernur Jambi Zumi Zola bertandang ke kantor detikcom di Jalan Warung Buncit Raya No 75, Jakarta Selatan dan berbincang-bincang mengenai berbagai isu terkini, termasuk juga tentang dunia pariwisata Jambi dan segala potensinya.

Zumi menjelaskan bahwa selama ini kerajina batik maupun songket dari Jambi masih belu terdengar namanya, baik di pentas nasional maupun internasional. Untuk itu, Zumi akan coba untuk mengangkatnya lagi.

"Ini saya pakai Tanjak, ikat kepala khas Jambi dipakai saat acara-acara besar. Ini baru saya dorong, saya promosikan. Saya pakai kemana-mana, karena sudah sedikit yang pakai. Perajinnya cuma tinggal 3. Kita mau angkat juga songket Jambi. Kita mau tunjukkan, Jambi inipunya identitas," beber Zumi Zola kepada detikTravel, Rabu (1/2/2017).

Sementara untuk kerajinan kain batik, Zumi Zola menyebut bahwa batik Jambi sebenarnya sudah eksis. Hanya dia minta, batik Jambi yang warnanya identik gelap-gelap diubah menjadi lebih berwarna.

"Batik sudah ada, warnanya gelap-gelap. Ini yang harus kita ubah. kIta harus bisa menjawab kebutuhan pasar, kan yang mau pakai batik ada anak muda juga. Warnanya yang mesti kita banyakin. Kita juga bekerja sama dengan desainer Barli Asmara untuk mengangkat batik Jambi," ungkap Zumi.

Zumi pun menyebut beberapa motif batik khas Jambi, anatara lain motif durian pecah hingga motif angso duo yang jadi ikonnya Jambi.

Sementara itu, untuk wisata kulinernya Zumi Zola merencanakan untuk membuat beberapa sentra wisata kuliner di Jambi agar wisatawan yang datang bisa langsung merasakan betapa lezatnya kuliner khas Jambi. Salah satunya ada di Ancol, bukan Ancol Jakarta, melainkan Ancol di Jambi.

"Ada satu daerah namanya Ancol, itu pas di depan Rumah Gubernur. Pas di tepi Sungai Batanghari, di depan Jembatan Gentala Arasy. Fasilitasnya belum memadai, kita akan buat lebih nyaman lagi buat wisata kuliner," tutup Zumi.

-

Arsip Blog

Recent Posts