Gorontalo, Kota Terkorup Di Indonesia

Gorontalo - Transparency International Indonesia (TII) menyatakan bahwa Kota Gorontalo merupakan daerah dengan korupsi paling banyak di Indonesia. Ini hasil penelitian lembaga itu yang dilakukan sejak 2006. "Dari sekian daerah yang menjadi sample penelitian kami, menurut responden, Kota Gorontalo yang terkorup dari 32 kabupaten/kota yang masuk daftar daerah yang kami teliti," kata Rizal Malik, Sekretaris Jenderal TII, saat deklarasi pakta integritas bersama pemerintah Kabupaten Gorontalo, Rabu (23/4).

Meskipun menjadi daerah terkorup, kata dia, namun hingga kini pihaknya belum melakukan kerja sama ataupun kesepakatan untuk pemberantasan korupsi itu. "Kalau Pemkot Gorontalo mau membenahi daerahnya, kami bersedia untuk memfasilitasi segala kegiatan yang berhubungan dengan pemberantasan korupsi," katanya. Ia menjelaskan, penelitian itu akan dikembangkan dengan meneliti 42 kabupaten/kota lainnya di Indonesia, berdasarkan data inflasi dari Badan Pusat Statistik.

Sementara itu, secara nasional Global Perception Indeks menunjukkan angka persepsi terkait korupsi, Indonesia mencapai 2. Angka ini menunjukkan kecenderungan membaik atau tingkat korupsi turun. "Namun pada 2008 ini sepertinya indeksnya akan naik lagi," katanya.

Ia menambahkan, kelemahan saat melakukan penelitian indeks persepsi tersebut, respondennya adalah para pengusaha sehingga belum menyentuh elemen masyarakat lainnya.(ant)

Sumber: Surya, 24 April 2008
Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign