Messi Bikin "Keajaiban" Lagi

Madrid - Apa topik utama di Spanyol pada saat ini? Tidak lain adalah keajaiban yang, entah untuk ke berapa kalinya, dilakukan Lionel Messi dalam perhelatan Liga Spanyol.

Bayangkan, hanya dalam kurun waktu satu minggu, pemuda asal Argentina itu melakukan dua kali hattrick. Setelah memborong tiga gol kala klubnya, Barcelona, menghancurkan Valencia pada dua pekan silam, Messi kembali mencetak hattrick, akhir pekan lalu.

Memperkuat Barcelona yang bertandang ke Real Zaragoza, Minggu (21/3), Messi mencetak tiga gol pada menit ke-5, ke-66, dan ke-78. Ditambah satu gol Zlatan Ibrahimovic lewat penalti pada menit ke-90, Barcelona unggul 4-2 atas tim tuan rumah.

Hasil tersebut membuat Barcelona menempati urutan kedua klasemen Liga Spanyol, sedangkan Real Madrid berada di puncak dengan nilai sama, 68 poin. Selisih gol Madrid (74-22) lebih baik ketimbang selisih gol Barcelona (68-18).

”Ia merupakan pemain terbaik sepanjang sejarah sepak bola,” tegas Presiden Barcelona Joan Laporta.

Sepanjang musim ini, Messi pun tercatat mencetak 34 gol. Di kancah Liga Spanyol, Messi menjadi pemain top dengan koleksi 25 gol. ”Untuk melukiskan Messi, saya kehabisan kata sifat,” ujar Pelatih Barcelona Pep Guardiola. Dengan kata lain, bagi Guardiola, kata sifat ”hebat” dan ”luar biasa” sudah tidak mampu lagi mendeskripsikan kepiawaian Messi di lapangan hijau.

Gol pertama dicetak Messi setelah memanfaatkan dengan baik umpan dari Pedro Rodriguez. Bola hasil sundulan Messi gagal diatasi oleh kiper Roberto Jimenez.

Namun, baru gol keduanya yang bisa masuk dalam daftar gol terhebat Messi. Menguasai bola hampir di posisi separuh lapangan, Messi berhasil memperdayai bek kiri Zaragoza, Matteo Contini. Messi lantas memecundangi kiper Zaragoza.

”Saya tidak tahu gol kedua tadi sebagai gol terindah yang pernah saya cetak. Semuanya terjadi begitu cepat,” ujar Messi.

Gol ketiga yang dicetak 12 menit kemudian menambah panjang daftar hattrick Massi menjadi lima kali sepanjang kariernya.

Namun, permainan menyerang Barcelona dimanfaatkan dengan baik oleh Adrian Colunga, yang menggantikan penyerang Javier Arizmendi pada menit ke-62. Pada menit ke-85 dan ke-89 Colunga mencetak gol. Barcelona tetap bisa menambah keunggulan lewat tendangan penalti Ibrahimovic.

Penalti ini tidak lepas dari ”jasa” Messi. Kinerja Messi yang luar biasa saat membawa bola memaksa Contini melanggarnya pada menit ke-90, yang berbuah penalti. Ibrahimovic pun bisa mencetak golnya yang pertama di bulan Maret.

Pada laga lainnya, Valencia mengalahkan Almeria 2-0 berkat gol Mata dan David Silva. Valencia pun tetap di posisi ketiga klasemen La Liga dengan 50 poin. Mallorca melejit ke posisi keempat setelah membungkam Atletico Madrid 4-1. (ap/ato)

Sumber: http://cetak.kompas.com