Warna-Warni Karnaval Budaya Berlin

Musim panas selalu mendatangkan kebahagian bagi negara-negara yang sebelumnya melewati musim dingin. Pada musim ini, langit bersinar cerah dan bunga-bunga berwarna-warni mulai bermekaran. Beberapa negara menyambut musim ini dengan melangsungkan karnaval, salah satunya di Berlin, Jerman.

Setiap musim panas, Kota Berlin tepatnya di sekitar Bluecherplatz, Distrik Kreuzberg berlangsung sebuah karnaval unik yang biasa disebut Karnaval Budaya. Lebih dari 1,5 juta pengunjung berdatangan ke distrik Kreuzberg untuk merayakan semangat multikultural Jerman.

Berlin adalah rumah bagi lebih dari 450.000 orang dari seluruh dunia dan bangga menjadi kota yang paling beragam di Jerman. Karnaval budaya ini berisi keragaman etnis Berlin yang hidup berdampingan secara damai dengan budaya lain yang berbeda.

Karnaval Budaya Berlin adalah sebuah festival terbuka yang berlangsung selama empat hari dengan berbagai macam makanan dan minuman eksotik, konser, pertunjukan, serta pesta.

Sorot berwarna-warni dari perayaan ini adalah parade jalan, dimana lebih dari 4.500 orang dengan kostum otentik, dekorasi kendaraan, dan lebih dari 70 musisi yang berasal dari berbagai negara menari di jalan-jalan Berlin.

Di sini, Anda bisa menyerap irama samba, menikmati tabuhan drum Brasil, mendengar penyanyi Kongo, melihat kelompok budaya Korea, dan sedikit kemeriahan Rio de Janeiro di jalan-jalan ibukota Jerman. Pada tahun ini, Karnaval Budaya dirayakan dari tanggal 21-24 Mei sedangkan parade jalanan berlangsung pada tanggal 23 Mei.

Bila Anda berkesempatan bepergian ke Berlin, ada baiknya mengunjungi karnaval ini dari hari pertama sejak acara dilangsungkan karena tidak ada biaya untuk tiket masuknya. Pada acara puncaknya (parade jalanan), Anda bisa melihat kemeriahan dan warna-warni pesta dari salah satu sisi yang dilalui parade ini. Bawalah kamera, karena momen ini pastilah sangat menarik.

Festival Berlin berlangsung pada waktu yang berbeda-beda. Pada Jumat (21/5) dimulai pukul 16.00 sampai tengah malam waktu setempat, pada Sabtu dan Senin, mulai pukul 11.00 sampai tengah malam. Sedangkan pada Minggu mulai pukul 11.00-19.00 waktu setempat.

Nikmatilah keberagaman berbagai negara yang terpusat di satu titik ini dan jangan lupa untuk membawa uang jika ingin menikmati berbagai jenis makanan atau minuman. (*/OL-5)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com