Oprah Winfrey, Selebriti Paling Berpengaruh

New York - Ratu acara bincang-bincang Amerika Serikat Oprah Winfrey melejit kembali ke puncak daftar selebriti paling berpengaruh di dunia versi Forbes, "Celebrity 100" setelah tergeser oleh Angelina Jolie tahun lalu.

Winfrey menggusur bintang film Angelina Jolie dari puncak daftar yang disusun majalah Forbes berdasarkan pendapatan dan liputan media. Penyanyi Beyonce berada di peringkat kedua, sedangkan sutradara James Cameron masuk ke peringkat yang sama di posisi ketiga setelah meraih keberhasilana dengan film Avatar.

Lady Gaga menjadi pendatang baru dengan peringkat tertinggi. Dia menempati posisi keempat. Sebagaimana Beyonce, pendapatan dan profil Lady Gaga naik pesat dalam masa 12 bulan ini menyusul tur keliling dunia dan kontrak promosi yang dia wujudkan.

Sementara itu, Angelina Jolie tahun diturunkan ke peringkat 18. Pemain golf yang dililit skandal, Tiger Woods menjadi satu-satunya bintang olah raga yang bercokol di 10 teratas.

Britney Spears ditempatkan di peringkat enam disusul U2 di posisi ketujuh. Sandra Bullock, yang meraih Piala Oscar tahun ini untuk kategori aktris terbaik, melambung tinggi dari anak tangga 92 ke anak tangga delapan.

Sedangkan, aktor Johnny Depp, seperti dilansir "BBC" menempati posisi kesembilan. Penyanyi pop Madonna turun dari posisi ketiga ke posisi 10.

Tahun ini, Forbes menambahkan peringkat media sosial yang mencerminkan kehadiran masing-masing selebriti di jejaring Facebook dan Twitter, yang diperhitungkan bersama dengan liputan media dan pendapatan. (A-147)