Pentas Sirkus Tiga Benu

Pertunjukan sirkus yang menampilkan atraksi keberanian, keindahan, dan keahlian yang prima selalu menarik minat penonton sejak zaman dahulu.

Sejarah mencatat, ribuan rakyat Romawi kuno selalu memadati pertunjukan gladiator, atraksi perlombaan kereta kuda dan pertarungan binatang liar sebagai ajang untuk menunjukkan keberanian, yang diyakini sebagai cikal bakal pertunjukan sirkus modern.

Sirkus berkembang menjadi pertunjukan seni yang digemari berbagai kalangan dan semua umur karena tidak mengenal perbedaan bahasa dan budaya bangsa. Dengan kata lain, pertunjukan sirkus dapat dimengerti oleh semua orang di seluruh dunia.

Pada 2-11 Juli mendatang, akan digelar Indonesia International Circus Festival (IICF) 2010 di Parkir Timur, Senayan, Jakarta Pusat. Tiga kelompok sirkus terkemuka, Cirque le Masque dari Amerika, New Shanghai Circus dari China, dan Cyclown Circus dari Eropa, akan menampilkan pertunjukan spektakuler mereka.

"Ajang Indonesia International Circus Festival 2010 adalah yang pertama dan terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Mudah-mudahan event ini bisa menghibur masyarakat di Tanah Air," ujar Direktur PT Nant Adi Pariwara Muhammad Hananto yang menjadi penyelenggara event ini bersama dengan Dinas Pariwisata DKI Jakarta.

Cirque Le Masque adalah kelompok sirkus dari Amerika beraliran Eropa modern yang memadukan keterampilan akrobatik didukung efek-efek pencahayaan dan tata suara yang canggih. Para pemainnya memadukan gerakan-gerakan tari, kemampuan akrobatik, kostum yang glamor, serta berbagai keahlian khusus yang memukau seperti melompat, memanjat, berputar meliuk, dan keseimbangan.

Kelompok ini sudah tampil di berbagai tempat eksklusif di Amerika Serikat seperti Atlantic City dan Las Vegas, museum-museum, The Cruise Industry, NBC Live At Five, serta berbagai negara yang mampu menarik ribuan pengunjung.

Sementara itu The New Shanghai Circus yang didatangkan dari China akan menampilkan berbagai kemampuan yang bertumpu pada kelincahan dan kelenturan tubuh. Penonton Indonesia akan menyaksikan penampilan seni akrobatik oriental yang dipadu dengan keindahan musik bernuansa magis sehingga bisa tampil eksotis.

Adapun Cyclown Circus adalah sekelompok seniman sirkus jalanan yang telah tampil di 27 negara di empat benua. Mereka memiliki kemampuan memadukan seni sirkus keterampilan seperti juggler, sepeda beroda satu, sulap, permainan keseimbangan, dengan keterampilan memainkan musik.

Selain tiga kelompok sirkus internasional yang menjadi pertunjukan utama, pihak penyelenggara juga akan menampilkan berbagai acara seperti pertunjukan sulap, sirkus lokal dengan binatang, capoeira, wushu, barongsai dan lain-lain. Lalu ada juga bazar, food court, dan sajian musik dari musisi-musisi papan atas seperti The Titans, Vierra, Katon & Friends, Sherina, Samsons, Kahitna, Mahadewi, Gigi, Naif, Mulan Jameela, Yovie and Nuno, dan lainnya.

Muhammad Hananto menargetkan 100 ribu pengunjung akan datang ke event yang diselenggarakannya di atas lahan 8,5 hektare itu. "Tujuan event IICF ini sebagai ajang seniman sirkus dan wahana hiburan keluarga. Juga promosi pembangunan pariwisata di Jakarta," ujarnya. (Ant/M-5)