Tomohon Gelar Festival Bunga

Jakarta - Pemerintah Kota Tomohon siap menyelenggarakan Tomohon Flower Festival ke dua untuk jaring kunjungan wisatawan mancanegara ke Sulawesi Utara.

“Pemkot Tomohon didukung Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata siap menggelar kegiatan ini pada 20-24 Juli 2010 yang dirangkai dengan dua event lainnya. Kegiatan ini akan menjadi kegiatan wisata budaya yang mampu menarik wisatawan dan bukan sekedar mendongkrak bisnis florikultura saja, tapi kegiatan yang berkesinambungan ini sasarannya adalah pariwisata,” ujar Walikota Tomohon Jefferson S.M. Rumajar, hari ininya.

Setelah berhasil menjadi tuan rumah event-event besar tingkat dunia seperti World Ocean Conference 2009 dan menjadi tujuan wisata selam, kegiatan Tomohon Flower Festival menjadikan Sulawesi Utara selalu memiliki daya tarik yang tinggi bagi wisman,tandasnya didampingi Dirjen Pemasaran Kemenbudpar Sapta Nirwandar.

Dia berharap dampak ekonomi dari kegiatan Tomohon Flower Festival ini dirasakan langsung oleh masyarakat oleh karena itu pada penyelenggaraan yang kedua kalinya ini dirangkaikan dengan tiga event lainnya.

“Tiga kegiatan utama akan digelar masing-masing Tournament of Flower (TOF) pada 23 Juli yang diikuti kota-kota lainnya penghasil holtikultura dan tergabung dalam Asosiasi Pemerintahan Kota Selurut Indonesia (APEKSI),” ungkapnya

TOF adalah pawai kendaraan hias bertaraf nasional yang akan melintasdi jalan utama sehingga masyarakat dapat menyaksikan kekayaan holtikultura bunga yang dimiliki Indonesia. Kegiatan ini dinilai oleh tim pakar independent dan pawai ini akan dimeriahkan dengan tarian, marching band, bendi hias dan lain-lain.

Kegiatan lainnya adalah Kontes Ratu Bunga (20-23 Juli), Kegiatan Kontes Ratu Bunga bertaraf nasional l yang akan diikuti oleh para putri daerah dan pemenangnya bisa menjadi duta wisata yang mampu memasyarakatkan Cinta Bunga sebagai bagian dari lifestyle.

Rangkaian kegiatan lainnya adalah Tomohon International Choir Competition/TICC yang akan berlangsung pada 18 - 21 Agustus 2010 dengan beberapa kategori lomba paduan suara seperti Children Choir, Youth Choir, Mixed Choir, Male Choir, Female Choir, Senior Mixed Choir, Musica Sacra, Gospel & Spiritual, Pop & Jazz, dan Folklore

“Untuk kegiatan TICC ini bertaraf International yang akan diikuti oleh berbagai kelompok paduan suara dari seluruh Kota di indonesia maupun dunia. Berbagai Kategori penilaian kompetisi ini akan dinilai oleh juri Internasional,” kata Jefferson.

Sapta Nirwandar optimistis Tomohon Flower Festival 2010 dorong peningkatan kegiatan MICE dan marine tourism di Sulawesi Utara dan berdampak langsung pada perekonomian masyaraka “Kegiatan ini masuk dalam calender of event pariwisata nasional sejak penyelenggaraanya yang pertama tahun 2008. Tahun ini kita harapkan bisa lebih meriah,” tambahnya.

Sebagai penggagas kegiatan ini, walikota optimistis citra Tomohon sebagai kota bunga akan terbentuk apalagi dengan dukungan masyarakat setempat. “Awalnya mungkin belum langsung terasa, namun bila TFF dan TOF semakin populer, sudah pasti masyarakat akan menikmati dampaknya, terutama di sektor perekonomian.”

Kota Tomohon menjadi daerah otonomi diresmikan pada 4 Agustus 2003. Kota yang berjarak 1 jam perjalanan darat dari Kota Manado ini merupakan daerah pertanian yang sumbur karena berada di kaki Gunung Lokon. Kawasan gunung berapi ini salah satu obyek wisata menarik di mana terdapat banyak kebun bunga sebagai usaha masyarakat setempat. (htr)