Lovely Desember di Tana Toraja

Makassar, Sulawesi Selatan - Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik direncana akan membuka kegiatan promosi wisata Tana Toraja, Lovely December ke-2, yang berlangsung mulai 26 Desember di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

''Selain Jero Wacik, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo juga dipastikan hadir pada pesta budaya Toraja yang menampilkan berbagai jenis atraksi budaya setempat,'' kata Kadis Budpar Sulsel Syuaib Malombassi di Makassar, Senin (14/12).

Berbagai atraksi unik akan ditampilkan pada kegiatan itu antara lain, adu kerbau dan pergelaran memasak nasi di bambu sepanjang satu kilometer.

Selain dua kegiatan tersebut, Lovely December tahun ini juga dimeriahkan atraksi adu kepala dari kelompok warga setempat serta lomba arung jeram di Sungai Mata Allo. Sejumlah wisatawan asing akan hadir menyaksikan pesta budaya tersebut.

Lovely December yang digelar partama kali pada 2008 merupakan kerja sama pemerintah Provinsi Sulsel dan pemerintah Kabupaten Tana Toraja.

Namun, pada pelaksanaan kedua kali tahun ini telah melibatkan Pemkab Tana Toraja Utara, daerah hasil pemekaran dari kabupaten induk Tana Toraja.

Sementara itu, Bupati Tana Toraja Amping Situru mengatakan, pihaknya telah siap menggelar event wisata yang telah masuk dalam kalender wisata nasional tersebut.

''Pemerintah dan masyarakat dua kabupaten di wilayah itu telah siap menyambut dan menyukseskan promosi wisata tersebut,'' ujarnya.

Amping mengatakan, Lovely December bukan hanya promosi wisata Tana Toraja, melainkan promosi wisata Sulsel secara keseluruhan yang meliputi 24 kabupaten dan kota. Karena itu, pada kegiatan tersebut diharapkan semua daerah ambil bagian dengan menampilkan berbagai kegiatan seni dan budaya serta produk kerajinan masing-masing daerah. (Ant/Ol-5)