20 Negara Ikuti Tour de Bintan 2010

TOUR de Bintan 2010 yang akan digelar pada 6 Oktober 2010 akan diikuti pembalap sepeda dari 20 negara. "Jumlah peserta dari luar negeri mencapai 460 orang, 10 orang di antaranya pembalap dari Kepulauan Riau (Kepri)," ujar Kepala Dinas Pariwisata Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Raja Akib Rahim, di Tanjung Pinang, Senin (27/9).

Raja menjelaskan, balap sepeda Tour de Bintan merupakan kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Bintan setiap tahun. Kegiatan tersebut diyakini dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke wilayah itu.

Menurutnya, pembalap akan melewati sejumlah kawasan wisata di Bintan. Balap sepeda itu sekaligus untuk memperkenalkan keindahan berbagai objek wisata di daerah itu. Dengan demikian para pembalap sepeda itu diharapkan dapat mempromosikan kawasan wisata di Bintan kepada saudara dan teman-temannya.

Lebih lanjut Raja menjelaskan, jumlah peserta Tour de Bintan tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya yang hanya 100 orang. Peserta itu antara lain berasal dari Malaysia, Singapura, Australia dan Jepang.

Peserta diyakini akan membawa keluarganya mengikuti kegiatan tersebut. Diperkirakan jumlah wisatawan pada saat pelaksanaan Tour de Bintan mencapai 1.500 orang. "Kami perkirakan peserta dan keluarganya menginap di Bintan selama tiga hari," ujarnya.

Raja menyatakan keyakinannya bahwa balap sepeda Tour de Bintan itu dapat meningkatkan jumlah wisatawan ke Bintan. (Ant/*/X-12)