Ada Bus Khusus Visit Batam

Batam, Kepulauan Riau - Semangat menyambut Visit Batam 2010 semakin terasa menggelora, baik dari kalangan pemerintah maupun dari para pelaku usaha pariwisata di kota ini. Ini terlihat dari banyaknya pelaku usaha pariwisata dan pihak swasta yang turut berperan untuk menyukseskan program tahun kunjungan ini.

Salah satu contoh, saat ini beberapa pelaku usaha pariwisata yang menyediakan bus dan armada transportasi dengan desain penuh Visit Batam 2010. Tak hanya memasang logo, mereka juga memilih warna putih untuk armadanya, di mana putih merupakan warna khas dari program Visit Batam 2010. "Kami sangat menyambut baik atas respon dan kerja sama para pengusaha jasa pariwisata untuk menyukseskan progam Visit Batam. Harapannya, akan terjalin kerja sama yang baik antara pengusaha travel dan pemerintah,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Batam, Guntur Sakti, Selasa (20/10).

Menurut Guntur, penyediaan armada Visit Batam 2010 ini dilakukan para travel in-bound. Langkah ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengkampanyekan program Visit Batam 2010. Tentunya, lanjut Guntur, pemerintah juga harus mengimbangi upaya para travel in-bound dalam menjaring wisatawan untuk berkunjung ke Batam. Yakni dengan komitmen dalam menyediakan objek-objek wisata yang layak dan menarik bagi para wisatawan, baik dari lokal maupun mancanegara.

”Infrastruktur kita benahi, info konten wisata harus kita siapkan. Seperti saat ini, kami sedang menyusun kalender event pariwisata untuk tiga bulan ke depan. Ini juga penting untuk membantu para travel in-bound,” terang Guntur.

Tak hanya itu, pemerintah juga bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan untuk dunia pariwisata dalam sekala besar. Yakni menciptakan dan menjamin rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, khususnya bagi para turis yang berkunjung ke Batam. Selain para pengusaha travel, sejumlah pihak swasta kini juga mulai aktif dalam mendukung program Visit Batam 2010. Terbukti saat ini sejumlah pengusaha mulai membangun objek-objek wisata, seperti Mega Wisata Ocarina yang dikembangkan oleh Arsikon Group.