Langkat Ikuti Festival Seni Tari Melayu Nusantara di Sumsel

Stabat, Sumsel - Kabupaten Langkat ikuti festival seni tari melayu nusantara 2010 di Palembang Sumatera Selatan. Keikutsertaan Langkat, juga untuk memperkenalkan berbagai kesenian maupun juga tari-tarian yang bisa mempererat hubungan antar melayu serumpun. Hal itu dikemukakan Kepala Kantor Seni Budaya dan Parawisata Langkat Purnama Dewi Tarigan, Selasa, di Stabat.

Dijelaskannya rumpun melayu pada dasarnya memiliki banyak sekali persamaan budaya. Namun di dalam perkembangannya masing-masing mempunyai nuansa tersendiri yang telah dipengaruhi unsur kedaerahan setempat, katanya. Purnama Dewi Tarigan juga mengungkapkan perkembangan yang demikian merupakan hal yang cukup menggembirakan karena dapat memperkaya kasanah budaya melayu di nusantara ini.

Untuk itulah keikut-sertaan Kabupaten Langkat sebagai salah satu daerah melayu di Sumatera Utara dalam festival tari melayu nusantara ini, menjadi sarana komunikasi, pertukaran informasi dan kerjasama antar negara, provinsi, kabupate/kota dalam rumpun melayu, ujarnya.

Kegiatan festival in berlangsung dari tanggal 11 s/d 14 Oktober 2010, di atrium Pelembang Indah Mall. Dan kontingen Langkat terdiri dari 20 orang, yang akan mengikuti satu tari melayu dengan nuansa daerah dan satu tari kreasi baru, dan satu lagu melayu sajian live musik. Adapun peserta yang akan mengikuti festival tari melayu serumpun di Palembang ini selain dari Langkat, juga berasal dari negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darusslam.

Jamal API, yang ikut mewakili Langkat dalam festival tersebut menjelaskan, akan memberikan yang terbaik bagi Langkat. Selain itu juga ingin memperkenalkan kesenian Langkat agar dapat dikenal pula di daera lain. Even ini, salah satu ajang untuk menunjukkan betapa beragamnya kesenian melayu di nusantara termasuk di Langkat sendiri. (slm)