Sebaiknya Ada Travel Map di Feri

Batam, Kepulauan Riau - Kesan pertama begitu menggoda. Itulah yang dirasakan oleh turis asal Australia, Robert Reason saat berkunjung ke Batam, Kamis (12/11). Meski baru pertama, Robert mengaku langsung menyukai kota metropolis ini.

”Perjalanan ke sini sangat mudah dan menyenangkan,” kata Robert di sela-sela makan siang di lantai 2 Nagoya Hill, kemarin.

Robert yang berangkat dari Singapura mengaku puas dengan perjalanannya dengan menggunakan kapal feri. Selain nyaman, kapal feri dari Singapura ke Batam juga cukup cepat. Apalagi ditambah dengan pemandangan laut yang indah, perjalanan singkatnya makin tak terasa saja. Hal serupa juga ia rasakan begitu ia tiba di Batam.

Robert mengaku tidak kesulitan mendapatkan taksi untuk mengantarkannya ke beberapa pusat perbelanjaan.

’’Tadi saya sudah berkeliling di kawasan ini. Pusat perbelanjaanya juga sangat menarik,” katanya.

Sayangya, Robert mengaku kesulitan mendapatkan informasi seputar pariwisata di Kota Batam. Misalnya soal hotel, tempat makan, objek wisata, pusat belanja, tempat hiburan, pusat souvenir dan lain sebagainya.

”Sebaiknya ada brosur atau travel map. Brosur ini bisa diberikan kepada para turis saat naik feri. Sehingga mereka tidak bingung mau menginap, makan, belanja atau jalan-jalan kemana,” kata Robert, memberi saran.

Beruntung, hari itu Robert dijemput salah satu rekannya yang merupakan warga pribumi. Sehingga ia tidak terlalu kesulitan untuk menghabiskan waktu liburannya di Batam.

”Tapi over all, Batam cukup menarik. Lain kali saya akan datang lagi dan mungkin akan tinggal lebih lama di Batam,” ujar Robert sambil mengangkat gelas coffe latte-nya.