110 Peserta Meriahkan Festival Layang-layang

Karimun, Kepri - Wakil Bupati Karimun Aunur Rafiq, Sabtu (11/7) membuka festival layang-layang dan gasing tingkat Kabupaten Karimun. Pertandingan ini digelar di stadion mini Tanjungbatu Kota. Tidak kurang dari 110 peserta ikut memeriahkan festival layang-layang. Mereka yang datang tak hanya dari Pulau Kundur namun juga dari Pulau Karimun lainnya. Pembukaan festival ditandai dengan menerbangkan lima layang-layang jenis wao. Rafiq menyempatkan diri bermain layang-layang dan gasing bersama Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Syurayaminsyah.

”Saya memberikan apresiasi kepada masyarakat atas upayanya tetap mempertahankan permainan rakyat ini. Pemerintah melalui Dinas Pariwisata dan Budaya mendukung upaya ini, sehingga permainan rakyat tetap bertahan dan mampu bersaing dengan permainan modern. Upaya yang dilakukan dengan sering menggelar festival, pameran maupun kontes layang-layang dan gasing. Sehingga kegiatan ini bukan saja menyalurkan bakat dan minat akan tetapi menjadi salah satu aset wisata di kabupaten Karimun,” ujarnya Rafiq.

Rafiq juga meminta agar permainan rakyat ini ke depan dijadikan kegiatan tahunan. Sehingga pelaksanaanya dapat lebih ditingkatkan baik jumlah peserta maupun pelaksanaannya. Selanjutnya, pemkab juga memberikan motivasi terutama mempersiapkan hadiah sebagai dorongan agar kegiatan ini tetap eksis. (ims)

Sumber: http://batampos.co.id 15 Juli 2009