Kreasi Kuliner dengan Ubi Jalar

Medan, Sumut - Banyak cara untuk mendapatkan kreasi makanan dengan cita rasa yang unik dan harga yang ekonomis. Misalnya seperti kreasi beberapa mahasiswa jurusan Teknologi hasil Pertanian Universitas Sumatra Utara. Penganan dengan bahan yang tidak sulit didapat serta harga ekonomis merupakan faktor utama dalam penciptaan jajanan yang satu ini. Ubi jalar dengan aneka warna ini ternyata mampu dibuat menjadi jajanan pasar yang sangat lezat. Bahkan bisa juga diolah menjadi ice cream yang menyegarkan.

Dedi, salah satu mahasiswa jurusan Teknologi Hasil Pertanian yang ikut andil dalam penciptaan kreasi kuliner ini mengatakan, ubi jalar merupakan bahan yang sangat baik untuk diolah menjadi makanan yang sehat. Tingginya protein serta rendahnya lemak yang terkandung pada ubi jalar inilah yang membuat kita memilih bahan ini. Karena zat- zat tersebut mampu menggantikan karbohidrat pada nasi.

Sementara dalam segi produksi, Dedi mengakui masih banyak mengalami kendala. Minimnya alat- alat salah satu kendala utama. "Kami sangat mengharapkan perhatian dari beberapa pihak yang berkompeten dalam bidang kuliner. Sehingga hasil produksi yng diperoleh juga mksimal. Selain itu, kami juga berharap pemerintah mau membantu pemasaran produk ini agar lebih dikenal masyarakat luas," tutur Dedi. (red06)