Nikmatnya Bubur Syurbah Dipadu Teh Naknak

Situbondo, Jawa Timur - Komunitas warga Timur Tengah di Situbondo, Jawa Timur, memiliki kebiasaan rutin. Mereka selalu berbuka puasa dengan bubur. Bubur Syurbah, biasa disebut komunitas orang Timur Tengah di Situbondo menyebutnya. Bubur Syurbah terbuat dari bahan utama beras serta daging kambing muda, dicampur santan, merica dan rempah-rempah. Bubur ini sangat menggoda selera dengan aroma yang khas.

Bubur khas Arab itu lebih nikmat jika dipadu dengan teh dari daun Naknak. Apa itu daun nanak? "Daun nanak ini daun seperti pohon mint, rasanya sedikit pedas dan bisa untuk mencegah tingginya kolesetrol dalam tubuh," terang Habib Muhammad, Minggu (23/8). Bagi mereka yang pantang menyantap makanan berkolestrol tinggi dijamin tetap bisa menyantap bubur satu ini. Sebab diimbangi dengan teh naknak. "Teh naknak ini fungsinya untuk menetralisir kolesterol yang masuk ke tubuh," terang Habib Muhammad.

Sayangnya di Situbondo belum ada rumah makan yang menyediakan menu bubur syurbah ini. Bagi masyarakat yang ingin menikmati nikmatnya bubur syurbah, bisa membuatnya sendiri di rumah. Sementara bahan-bahan bubur syurbah yakni beras, daging kambing muda, merica, santan, rempah-rempah lainnya. (fat/fat)