Pesona Patung Dewi Kwan Im di Sekupang

Batam, Kepri - Patung Dewi Kwan Im di KTM Resort, Sekupang, Kepri, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara, baik Asia maupun Eropa, khususnya mereka yang beragama Buddha. Bahkan, Patung Dewi Kwan Im menjadi salah satu objek wisata religi yang sangat diminati. Lihatlah pada pekan pertama Agustus lalu. Tepatnya pada perayaan kelahiran Tri Suci Dewi Kwan Im. Ribuan masyarakat, termasuk turis, berbaur di tempat ini untuk memanjatkan doa agar diberi keselataman, kesehatan, dan kesejahteraan. Mulai dari pagi hingga malam, tak pernah sepi.

Tak hanya pada perayaan kelahiran Dewi Kwan Im, hari-hari lain, khususnya weekend, wisatawan juga banyak berkunjung ke Patung Dewi Kwan Im. Mereka membakar dupa dan uang kertas, menyalakan lilin, lalu berdoa di depan patung Dewi Kwan Im. Mereka juga membawa persembahan berupa kue dan buah. Ada kue panjang umur, kue rezeki, dan jeruk mandarin yang melambangkan kesehatan.

Setelah berdoa, mereka mendatangi tempat persembahyangan di samping patung Dewi Kwan Im. Tak hanya itu, wisatawan kian tertarik datang karena letak Patung Dewi Kwan Im ini satu area dengan resort yang menyediakan tempat tinggal yang nyaman. Tak hanya itu, view laut dan Singapura juga jadi nilai tambah bagi wisatawan yang datang.

Pada hari-hari tertentu, pengelola KTM Resort juga menyajikan hiburan Barongsai. “Jadi pengunjung selain bisa ibadah, mereka juga bisa terhibur,” kata Manajer KTM Resor, Djui Tjie Ng, belum lama ini. Menurut pria yang akrab disapa Mister Ng (Enji) ini, wisatawan rata-rata betah berlama-lama di resortnya itu, karena banyak nilai tambah yang bisa di dapatkan. “Kami sengaja mengemas wisata secara lengkap,” ujarnya. (uma/nur)