Restoran Seafood Tersebar di Batam

Batam, Kepri - Bagi mereka yang gemar berburu cita rasa kuliner laut, Batam adalah kota yang pantas masuk dalam daftar kunjungan. Seafood merupakan salah satu andalan Batam. Beberapa menu seafood yang dapat ditemui di Batam di antaranya gonggong, sejenis siput dengan cangkang besar dan keras, namun memiliki daging yang gurih, kepiting bakau dan berbagai jenis ikan laut. Penyajiannya pun unik, karena pengunjung dapat memilih sendiri ikan maupun makanan laut lainnya dan langsung dimasak, jadi masakan disajikan benar-benar fresh.

Ikannya lembut, kuahnya segar, dan sewaktu dibumbui dengan kecap dan cabai rawit, rasanya semakin hot. Tak heran, pengunjung mengatakan makan seafood di Batam memang paling enak, karena rasa manis, asam dan pedas ikannya berbaur menghasilkan cita rasa selera tinggi. Menu andalan lainnya adalah sotong atau lebih dikenal dengan sebutan cumi. Ada yang dimasak menjadi cumi goreng tepung dan menu steambot. Menu steambot disajikan dengan tungku/gas api di atas meja. Menu ini berisi bahan irisan daging, ayam, seafood, ikan, tahu, sayuran yang di masukkan ke dalam panci.

Untuk mengunjungi rumah makan seafood ini, sangat mudah. Karena tersebar hampir di seluruh sudut Batam, ada yang bentuk warung tenda, tempat khusus di pinggir pantai, dan restoran di tengah kota. Beberapa tempat makan seafood di Batam, yaitu Soup Ikan Yongkee, Golden Prown Bengkong, Sri Rejeki Batu Besar dan juga restoran seafood yang ada di Jembatan IV Barelang, bahkan ada restoran seafood baru di dekat Jembatan I yakni Barelang Resto. (b)