Sensasi Kenikmatan Kepala Kakap Jumbo

Palembang, Sumsel - Anda penyuka masakan Padang yang terkenal dengan sensasi rasa pedas nan menggelegar? Belum lengkap rasanya bila belum mencicipi menu gulai kepala kakap yang disajikan di restoran Indah Raso. Gulai kakap yang disajikan di rumah makan yang terletak di Jl Demang Lebar Daun No 4 (Depan RS Siti Khadijah), Palembang, berbeda dengan menu restoran umumnya. Kepala ikan super besar dengan penyajian kuah kuning mengental. “Kalau restoran lain. Biasanya kepalanya dibelah dua untuk satu porsi tapi kalau di sini kita pakai kepala kakap putih yang utuh,” kata Hj Mardiah Astuti MPdI, pemilik restoran, Sabtu (4/7).

Porsi yang disebut Mardiah sebagai big jumbonya kepala kakap ini diakui membangkitkan selera makan. Pengunjung bebas menguras habis isi kepala tanpa perlu menyisakan sejengkal daging. Tangan dan mulut tak mau berhenti, lepas hisap hingga isi daging kepala terkuras. “Biasanya kalau kepalanya kecil, orang makannya tak semangat dan tak bisa bebas membongkar kepala. Tapi disini dengan porsi yang besar. Silahkan bongkar kepala kakapnya,” kata Mardiah seraya mengakui kepala kakap minimal berukuran satu kilogram disajikan lengkap beserta lauk pendukung.

Kenikmatan tak hanya ditunjang dengan porsi yang besar semata, sensasi kelezatan kuah kuning nan kental menjadi daya tarik sendiri. Resapan santan berpadu dengan rasa asam pedas menjadi penyeimbang kenikmatan. Taburan bawang goreng, irisan kacang panjang dan daun bawang menjadi pelengkap gulai yang dipatok Rp 45.000/porsi.

Usai menjelajahi bentukan kepala kakap, belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi menu spesial ayam pop. Guratan daging yang warnanya putih memucat dengan tetesan minyak seperti tampilan ayam umumnya. Tetapi ketika menyentuh lidah, rasa gurih mengemuka. “Itulah bedanya menu ayam Pop yang kita sajikan. Gurih dan lembut. Sekilas memang pucat tapi ukuran rasa, silahkan coba sendiri,” ucap Mardiah yang sehari mampu menjual ayam pop hingga 30 porsi. RM yang baru dibuka sejak Kamis (2/7) lalu mematok ayam pop seharga Rp 12 ribu/potong. (dewi)