Sumatra Utara Layak Menjadi Sektor Pariwisata Nasional

Medan, Sumut – Sumatra Utara (Sumut) telah siap untuk dijadikan sebagai sektor pariwisata nasional karena dinilai mempunyai potensi yang layak dalam menyediakan tempat-tempat pariwisata serta didukung oleh kondisi alam yang strategis. “Sumut memiliki kekayaan alam yang sangat istimewa, untuk itu perlu pengembangan sektor pariwisata agar menjadi lebih baik,” kata Kepala Dinas Disbudpar Sumut, Nurlisa Ginting.

Nurlisa mencontohkan, Danau Toba merupakan salah satu kekayaan alam yang dimiliki Sumatra Utara. Untuk itu Nurlisa mengharapkan, seluruh kabupaten/kota yang memiliki alam strategis untuk menyiapkan fasilitas-fasilitas pendukung untuk memudahkan pengunjung menikmati perjalanan ke tempat tersebut.

Fasilitas tersebut antara lain lingkungan yang indah, kebersihan bahkan petugas yang ramah. “Upaya tersebut diharapkan menjadi nilai lebih sebagai pilihan wisatawan berkunjung,” ujar Nurlisa. “Selain itu, kerjasama yang baik antar dinas juga sangat berperan untuk pengembangan pariwisata Sumut,” terangnya. (dat05/wol-mdn)

Sumber: http://www.waspada.co.id 7 Juli 2009