Takjub Keindahan Alam dan Keramahan Sulut

Manado, Sulut – Sulawesi Utara (Sulut) patut berbangga. Iven International Sail Bunaken yang dihelat pada 12-20 Agustus 2009 lalu sukses dan semakin mengharumkan nama Sulut di seantero dunia. Tak hanya itu, imej Indonesia yang terlanjur merah akibat ulah teroris langsung lenyap disapu kesuksesan Sail Bunaken. Admiral Amerika Serikat Gary Roughead mengatakan, dirinya akan lebih sering berlibur ke Sulut, yang dijulukinya “The Land of The Smiling People”, karena dengan alasan keamanan inilah dirinya tidak khawatir mengirimkan 5 kapal perang untuk berpartisipasi dalam Sail Bunaken. “Saya bangga dengan Sulut, bangga dengan keamanannya dan bangga dengan keramahtamahan masyarakatnya,” kata Gary.

Senada dengan Gary, Rear Admiral Jepang Mashao Kawamura menyatakan, dirinya merasa seperti di daerah sendiri. Kenyamanan di Sulut, lanjut dia, sangat terasa. Seperti kesan pertamanya saat bersama pasukannya memasuki wilayah perairan Sulut. “Luar biasa,” kata Kawamura. Menurutnya, gugusan kepulauannya tertata indah. Hijau daratan dengan hiasan pasir putih di bibir pantai, menambah kesan kedamaian. Sama halnya ketika ia melihat Gunung Klabat menjulang tinggi ke angkasa dengan kepulan awan menutup sebagian puncaknya. Kawamura mengatakan, dirinya seperti melihat Gunung Fujiyama di Jepang yang bagian puncaknya tertutupi salju. “Sangat mirip dengan Jepang. Jadi, saya tidak merasa seperti orang asing, tetapi seperti orang Sulut,” ujarnya dengan hiasan senyum di bibirnya. Ia menambahkan, lebih kental sekali ketika pagelaran musik tradisonal yang menggunakan alat musik dari bambu dan gendang saat mengiringi tarian tradisional. “Saya senang sekali mendengar irama musik tradisional dari Sulut ini,” nilai Kawamura.

Kesan yang sama diungkapkan Admiral Malaysia Tan Sri Dato’ Sri Abdul Aziz Jaafar. Menurutnya, Sulut kotanya cantik. Udaranya enak dan bersih, lautnya biru dan pulaunya berpasir putih. Pun penduduknya sangat ramah, suka memberikan senyum saat bertemu. “Saya senang berada di sini,” ujarnya Ribuan pelaut yang berlayar ke Sulut untuk berpartisipasi dalam kegiatan Sail Bunaken, semuanya memberikan kesan yang baik. Sulut bagi mereka, sudah menyambut dengan sangat luar biasa. Karena itu, mereka tidak menyesal berpartisipasi, bahkan berterima kasih mengingat telah disambut baik. Keamanan dan keramahtamahan masyarakat Sulut patut diacungi jempol. (fir/mg-02)