Tempat Pemandian Purbakala Ditemukan di Semarang

Semarang, Jawa Tengah - Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) yang melakukan penggalian benda cagar budaya (BCB) di Desa Derekan, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, Jumat (3/7), menemukan bangunan kuno yang diperkirakan merupakan tempat pemandian. BP3 diperkirakan masih bisa menemukan BCB berharga lain, sebab penggalian yang dilakukan baru sekitar 20 persen.

Petugas Penggambaran Subkelompok Pemugaran BP3 Jetang, Andriyanto, mengatakan, penggalian melibatkan lima tenaga dari warga lokal dan seorang koordinator lapangan dari BP3 Jateng, serta seorang petugas gambar. Di sebelah utara lokasi penggalian sudah ditemukan Candi Ngempon yang merupakan tempat ibadah agama Hindu. "Jadi, dari bentuknya sementara, BCB yang ditemukan adalah tempat pemandian atau menyucikan diri," katanya.

Di atas sudut pagar tangga masuk ditemukan arca berupa gajah duduk atau dikenal dengan arca ganesha. Jarak antara permukaan tanah dan atap benda cagar 1,2 meter dan ketinggian pagar 1,5 meter. (Ant/OL-04)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com 6 Juli 2009