Ratusan Turis Asing Kunjungi Sabang

Sabang, NAD - Kapal pesiar MV Amadea berbendera Bahamas dengan membawa penumpang 300 turis mancanegara dan 200 kru kapal, di Sabang, Senin (24/1).

Kedatangan ratusan turis asing tersebut disambut dengan kalungan bunga oleh Wakil Walikota Sabang, Islamuddin ST, dan disuguhi penampilan tarian tradisional Aceh yang menarik perhatian turis yang turun dari kapal.

Dalam lawatan singkatnya di Sabang (Pulau Weh) dari pukul 08.00 hingga 14.00 WIB itu, para turis memanfaakan waktu untuk menikmati keindahan alam setempat dengan berjalan kaki, bahkan ada yang menyewa becak dan angkutan umum lainnya mengunjungi lokasi wisata terdekat di daerah itu.

Usai menyaksikan tarian, para turis yang umumnya berkebangsaan Jerman ini lebih banyak menikmati wisata pulau Sabang dengan berjalan kaki bersama pasangan masing-masing.

Para turis juga mencari toko suvenir dan umumnya mereka memilih baju-baju dan koleksi bordir khas Aceh seperti tas, dan lainnya.

Kepala Unit Usaha Pelabuhan BPKS, Agus Salim SE Msi, mengatakan, kunjungan kapal pesiar MV Amadea ini berlangsung enam jam.

Penumpang kapal umumnya berasal dari sejumlah negara di Eropa seperti Jerman, namun lebih banyak di antara mereka merupakan penumpang yang sudah berusia lanjut.

Para turis yang turun dari kapal jumlahnya mencapai ratusan orang. Ada juga turis yang tidak turun dari kapal. Mereka ini umumnya sudah berusia lanjut.

Kapal yang memiliki panjang 192 meter ini berangkat dari Male, Maladewa, dan singgah di Sabang selama beberapa jam untuk melanjutkan pelayaran ke Langkawi, Malaysia, kata Agus.