Wapres Minta Pengelolaan Pulau Komodo Sustainable

Manggarai Barat, NTT - Wakil Presiden (Wapres) Boediono memberikan suara (vote) kepada Taman Nasional Komodo sebagai satu dari tujuh keajaiban alam baru (the new 7 wonders of nature).

Wapres meminta pengelolaan alam di Pulau Komodo bisa lestari hingga di masa mendatang.

"(Pulau Komodo) ini aset kita. Kita harus bisa mengelola sumber daya kita sebaik-baiknya secara lestari," kata Wapres dalam Sambutannya di Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (29/12).

Dalam kunjungan tersebut Wapres didampingi Ibu Herawati Boediono, dan sejumlah menteri seperti Menhut Zulkifli Hasan, Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, Menbudpar Jero Wacik, Mendiknas Muhammad Nuh, Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih, dan Menag Suryadharma Ali.

Wapres mengatakan bahwa dirinya prihatin masih banyak nelayan di kawasan NTT terutama perairan Pulau Komodo yang masih menggunakan bom untuk menangkap ikan. Pasalnya hal itu dapat merusak habitat laut, terutama karang, ikan, dan segala yang ada di bawah laut.

"Lautan ini sungguh indah dan ini karunia Tuhan. Soal bom ikan yang merusak terumbu karang ini harus diatasi," katanya.

Agar hal itu tidak terjadi lagi, Wapres meminta pemerintah bekerja sama dengan masyarakat dalam mengelola perairan Komodo itu. Apalagi para menteri sudah berkomitmen mengintegrasikan, memelihara, konservasi laut, pariwisata dan perikanan yang berkelanjutan untuk memberikan hasil yang berkelanjutan.

"Harus ada hasil, harus ada yang dinikmati oleh masyarakat. Harus ada pola daerah unik yang sustainable bagi masyarakat," katanya.

Wapres meminta para menteri harus bekerja sama dengan pemda agar perkembangan wisata dan ekonomi berkembang. Namun, ia juga menegaskan bahwa selain wisata maju, masyarakat harus merasakan kemajuan perekonomian itu.

"Turisme bisa maju tapi kalau tidak bermanfaat bagi rakyat, tidak sustainable, buat apa. Tujuan konservasi, ekonomi, dan sustainable, saya rasa tekadnya sama. Tolong bapak bupati berpikir jangka panjang, jangan jangka pendek, ini untuk anak cucu kita," katanya.

Dalam sambutannya, Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula mengatakan bahwa setelah masuk nominasi the new 7 wonders of nature, kunjungan wisatawan ke Pulau Komodo melonjak hampir 100 persen lebih. Dari awal Januari 2010 hingga saat ini tercatat 35 ribu pengunjung.

"Di tahun-tahun sebelumnya ini tidak pernah terjadi. Jumlah pengunjung tertinggi adalah pada tahun 2006 yang mencapai 9.000 pengunjung," katanya.

Agustinus menilai bahwa target 6 juta wisatawan Kemenbudpar diyakini sumbangan terbesarnya dari Pulau Komodo.

Bupati mengatakan kabupaten Manggarai Barat terdiri dari 86 pulau dan yang berpenghuni 13 pulau. Saat ini empat pulau tidak berpenghuni sedang dikelola investor.

Sektor yang mendukung perekonomian adalah pertanian, perkebunan, perikanan, pertenakan, dan pariwisata. Dengan sebagian besar kehidupan masyarakatnya nelayan.