Besok, Ramadhan Fair 2008 Dibuka

Medan – Perhelatan tahunan Ramadhan Fair 2008 yang berlokasi di Jalan Masjid Raya Medan, Sumatera Utara,akan dibuka Gubernur Sumatera Utara Syamsul Arifin besok,Rabu (3/9).

Meski baru akan dibuka besok, sebanyak 200 stan kuliner dan pakaian muslim telah dibuka. Selain itu, ribuan warga pun sudah mulai berbuka puasa di arena Ramadhan Fair 2008. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Medan Syarifuddin mengaku sudah mempersiapkan segala sesuatu yang menyangkut stan kuliner dan pakaian muslim. “Mulai malam ini (tadi malam),sudah ada warga Medan yang berbuka puasa di sini,”ujarnya.

Rencananya Ramadhan Fair 2008 ini akan dibuka Gubernur Syamsul Arifin sekitar pukul 21.30 WIB selepas salat tarawih.“Nantinya pembukaan itu akan ditandai oleh pemukulan beduk oleh gubernur yang diiringi oleh pemukul beduk dari IPQAH (Ikatan Persaudaraan Qari-Qariah dan Hafidz- Hafdizah) Kota Medan,”ujarnya. Penjabat Wali Kota Medan Afifuddin Lubis menggelar rapat koordinasi terakhir dengan semua satuan kerja yang terlibat dalam pelaksanaan event itu di arena Ramadhan Fair 2008 kemarin.

Kepala Dinas Pertamanan Kota Medan Hairulsyah menyatakan sudah menyiapkan seluruh sarana penerangan di sekitar lokasi parkir pengunjung Ramadhan Fair 2008, yakni di seputaran Jalan Mahkamah,halaman Kantor Perpustakaan, Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Medan, dan Istana Maimoon. Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan Dearmando Purba menyiagakan 74 personelnya untuk mengatasi persoalan lalu lintas di sekitar arena Ramadhan Fair.

Para personel itu ditempatkan di semua persimpangan dari dan menuju Taman Sri Deli seperti persimpangan Jalan Sisingamangaraja– Juanda, Jalan Brigjend Katamso–Juanda, dan Jalan Ani Idrus (Pandu)– Brigjend Katamso. Selanjutnya untuk mengawasi persoalan keamanan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menyiapkan 30 personelnya setiap hari. “Khusus pada malam pembukaan kami siagakan 150 personel.

Tentu saja kami tetap berkoordinasi dengan aparat Poltabes Medan,”ujar Kepala Kantor Satpol PP Musaddad. Pihak pengelola parkir, Badan Pengelola Perparkiran (BPP) Kota Medan mengatakan mengerahkan 60 personelnya setiap hari. “Semua lokasi parkir tidak dikutip bayaran alias gratis,”kata Kepala BPP Mustapa Nasution.

Dalam acara pembukaan itu panitia mengundang seluruh unsur Muspida Kota Medan, ulama dan keluarga Wali Kota Medan nonaktif Abdillah dan wakilnya, Ramli. Seluruh undangan yang hadir juga akan dihibur oleh kelompok nasyid Ibu Kota bernama Snada. (fakhrur rozi)

Sumber: www.seputar-indonesia.com (2 September 2008)