Kesenian RI Pukau Peserta Ekspo

Jakarta - Pertunjukan kesenian Indonesia di Anjungan Indonesia pada World Expo Zaragoza 2008, 14 Juni-18 September, di Spanyol, menyita perhatian delegasi pameran dari sejumlah negara.

Keterangan tertulis Sekretariat Panitia Nasional Keikutsertaan Indonesia pada World Expo Zaragoza 2008, menyebutkan pertunjukan kesenian Indonesia telah menyedot minat sekitar 2.881 pengunjung.

Pergelaran kesenian sebagai upaya memperkenalkan budaya, pariwisata dan sumber daya air di Indonesia kepada publik Spanyol dan warga negara-negara Eropa, sekaligus sebagai suguhan Anjungan Indonesia pada penyelenggaraan World Expo Zaragoza 2008 yang bertema Water and Sustainable Development.

Pertunjukan kesenian Celebration de la Cultura de Indonesia yang dibuka Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto dan didampingi Dubes RI untuk Spanyol Slamet Sentausa Taufik ini, juga dihadiri Direktur Dewan Eksekutif Expo Zaragoza, Jose MP Ortega, beserta sekitar perwakilan 100 anjungan negara-negara lain.

Tabuhan-tabuhan gendang dan gerak tari dari grup kesenian Sumatera Barat itu membuat para pengunjung terpukau dan bahkan tidak sedikit dari mereka yang rela berdiri di sekitar panggung. [*/L1]

Sumber: www.inilah.com (27 Juni 2008)