Kunjungan Wisman ke Bali Naik Jadi 7.000 per Hari

Denpasar, Bali - Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisaman) pada Agustus 2008 meningkat 250% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Bulan lalu dalam satu hari jumlah wisman yang datang di Pulau Dewata pernah menembus lebih dari 7.300 orang. Padahal, pascabom Bali I pada 2002 jumlah wisman yang datang hanya 2.000 per hari. Kondisi seperti itu terjadi hingga 2005.

Kepala Dinas Pariwisata Bali Gede Nurjaya di ruang kerjanya, Senin (1/9), mengatakan jika dirata-ratakan, jumlah kunjungan wisman pada Agustus sebanyak 6.400 orang. Peningkatan kedatangan jumlah wisman itu berdampak pada akupansi kamar hotel yang juga meningkat tajam.

"Kunjungan wisman Agustus tahun ini sangat tinggi, bahkan beberapa hari jumlah kunjungan wisman di atas 7.000-an," ujarnya.

Menurutnya jumlah kunjungan tahun ini terus mencetak rekor tertinggi selama sejarah pariwisata Bali. Sampai saat ini memang belum ada rekapitulasi data lengkap tentang jumlah kujungan selama Agustus. Namun, dari data sementara kunjungan selama bulan lalu itu menunjukkan peningkatan jika dibandingkan periode 2007.

Selama periode Januari-Juli 2008 jumlah kunjungan wisman telah melewati angka 1,1 juta atau menigkat hampir 25% jika dibandingkan periode yang sama 2007. Jumlah kunjungan 2007 sempat mencatat jumlah kunjungan terbanyak bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Tetapi, rekor kunjungan pada 2007 ternyata digeser oleh kunjungan pada tahun ini.

Ia berpendapat hal itu menjadi salah satu bukti pulihnya pariwisata Bali dalam 10 tahun terakhir. "Sebagian pasar pariwisata Bali sudah pulih dan tidak ada yang takut lagi datang ke Bali. (Arnoldus Dhae) (OL/OL-01)

Sumber: www.mediaindonesia.com (1 September 2008)