Pantai Ancol Jambi Dikotori Sampah

Jambi - Objek wisata Pantai Ancol di pinggiran Sungai Batanghari Kota Jambi, terlihat dikotori sampah atau limba padat dari pertokoan, industri dan rumah tangga, sehingga mengesankan salah satu lokasi wisata di kota yang hanya beberapa meter jaraknya dari rumah dinas Gubernur Jambi itu jorok.

Pemandangan kurang nyaman itu mengusik bagi orang yang datang ingin menikmati panorama Pantai Ancol Jambi, terutama pada malam hari yang banyak dipenuhi puluhan pedagang makanan dan minuman serta khas jagung bakar.

Dinas Pariwisata khususnya Pemko Jambi yang disebut sebagai yang bertanggungjawab terhadap pengelolaan Pantai Ancol Kota Jambi yang "terancam" tergusur dengan terus dikembangkannya pembangunan pusat perbelanjaan WTC, sepertinya juga tidak mampu menertibkan orang-orang yang membangun tempat berjualan di pinggir pantai tersebut.

Beberapa warung makanan dan minuman tampak dibangun persis di atas tanggul dan tepi Sungai Batanghari, sehingga mengganggu pemandangan para wisatawan dari luar yang datang ke Kota Jambi yang dikenal sebagai "Kota Sepucuk Jambi Sembilan Lurah" dan "Jambi Kota Beradat".

Para pedagang kelihatan seenaknya saja membuang sampah ke pinggir sungai, seperti sampah bekas es tebu dan jagung bakar, juga botol-botol bekas minuman berserakan di sekitar pantai yang setiap malam cukup ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar.

Sumber: www.antara.co.id (8 September 2008)