Pesta Danau Toba 2008 Dijadwal Ulang

Jakarta - Kegiatan Pesta Danau Toba sebagai salah satu daerah peserta Visit Indonesia Year 2008, dijadwalkan kembali penyelenggaraannya. Semula rencananya, diadakan 13 sampai 16 Juni, tetapi akhirnya diundur waktu pelaksanaannya menjadi 14 sampai 16 Juli 2008.

"Tanggal penyelenggaraan terlalu dekat waktunya dengan dikeluarkannya SK Gubernur tanggal 18 April 2008. Oleh sebab itu, kami menjadwalkan ulang pelaksanaan Pesta Danau Toba," kata Ketua Pelaksana Pesta Danau Toba 2008, Sujono Manurung di Jakarta, baru-baru ini.

Faktor lain yang menyebabkan diundurnya waktu penyelenggaraan adalah dari pihak panitia yang berusaha menyesuaikan jadwal kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Simalungun, Sumatera Utara, tambahnya

"Salah satu strategi kita mendongkrak sektor pariwisata yang ada di Danau Toba. Acara ini rencananya akan dibuka langsung dan diresmikan oleh Presiden RI," ucapnya.

Menurut Sujono, acara serupa pernah dilaksanakan 11 tahun silam, atau tepatnya sebelum krisis ekonomi Indonesia dimulai. Dalam penyelenggaraan kali ini, dibutuhkan kerja sama yang baik dari berbagai pihak, khususnya dinas pariwisata pemerintah.

"Pesta Danau Toba merupakan agenda nasional, hanya saja yang melaksanakan dari pemerintah provinsi Sumatera Utara," kata Sujono.

Namun Tour De Toba 2008 tetap akan dilaksanakan pada 13 - 16 Juni 2008, dengan kegiatan balap sepeda MTB On The Road. [YRS]

Sumber: www.suarapembaharuan.com (15 Juni 2008)