Potensi Wisata di Timur Belum Tergarap

Soreang, Jabar - Pemkab Bandung diminta tidak hanya memperhatikan objek wisata yang ada di wilayah selatan. Potensi wisata di wilayah timur pun cukup menjanjikan, sehingga juga perlu dikembangkan.

Demikian harapan yang disampaikan David Riksabuana, Kabid Advokasi LSM Trapawana-Mekom (Manglayang Eko Komoditi). Ditemui "GM", Senin (31/1), David mengungkapkan, wilayah timur yang merupakan pintu gerbang Kab. Bandung yang menghubungkan dengan wilayah lain, mempunyai objek wisata yang tidak kalah menarik dengan yang ada di wilayah selatan.

"Selama ini yang diperhatikan pemerintah selalu objek wisata yang ada di wilayah selatan, seperti di kawasan Ciwidey atau Pangalengan. Padahal objek wisata di wilayah timur seperti di daerah Cilengkrang dan Cimenyan tidak kalah menarik bagi wisatawan," katanya.

David menyebutkan, beberapa objek wisata di wilayah timur yang bisa menjadi daya tarik wisatawan yaitu Patahan Lembang di perbatasan Manglayang dan Ciburial, Batu Lonceng (Kec. Cimenyan), Batu Ular Tapa (Kec. Cimenyan), Batu Kuda (Kec. Cileunyi), Curug Cisangarung (Kec. Cimenyan), KW9 Camping Groud (Kec. Cilengkrang), Pasir Cinta (Kec. Cilengkrang), dan Curug Cilengkrang (Kec. Cilengkrang).

"Potensi di Kab. Bandung sebelah timur bukan hanya karena pemandangannya bagus, tapi bisa berbasis pendidikan maupun kebudayaan. Untuk wisata pendidikan salah satu contohnya Patahan Lembang," ujarnya.

Dituturkan David, saat ini objek wisata di wilayah timur Kab. Bandung sangat minim mendapat perhatian dari pemerintah. Bukan hanya akses jalan, papan penunjuk jalan saja tidak ada.

"Jangankan jalan diperbagus atau diperlebar, untuk sekadar penunjuk jalan saja tidak ada. Bagaimana wisatawan akan tahu ada objek wisata," katanya.

Menurut David, jika peduli terhadap objek wisata di wilayah timur, maka sudah selayaknya Pemkab Bandung memperhatikannya. Apalagi prospek pariwisata di timur lebih menjanjikan, karena merupakan gerbang Kab. Bandung dari wilayah lain.

"Kalau benar ada niat Pemkab Bandung membangun wisata di Kab. Bandung sebelah timur, segera buat grand design dengan Perhutani sebagai pihak yang mempunyai lahan sehingga ada sinergi," katanya.