Promosikan Tomohon lewat Bunga

Tomohon - Daerah kini berlomba-lomba melakukan inovasi untuk mempromosikan potensinya. Salah satunya dilakukan Tomohon, Sulawesi Utara. Sejak kemarin, kota ini menyelenggarakan Tomohon Flower Festival (TFF). Sebanyak 46 daerah datang dengan membawa bunga khas masing-masing.

Sekprov Sulut Robby Mamuaja yang membuka TFF memuji terobosan Pemkot Tomohon. "Tomohon pasti akan menjadi episentrum dunia pariwisata di Sulut," pujinya.

Wali Kota Tomohon Jeferson Epe Rumajar menyatakan, even TFF awalnya adalah mimpi. "Sekarang sudah jadi kenyataan. Semoga TFF ini bisa menegaskan bunga dan pariwisata sebagai trademark atau brand kota Tomohon," ujarnya.

Hari pertama kemarin, arena pameran langsung dibanjiri ribuan pengunjung. Sebagian besar stan sesak dengan pengunjung. Transaksi jual-beli bunga terlihat begitu ramai. Beberapa pengunjung yang mengaku datang dari Jakarta menyatakan puas. Meski jauh-jauh datang, keinginan mereka untuk melihat dan membeli berbagai jenis bunga bisa kesampaian. "Bagus-bagus dan banyak sekali jenisnya," ujar Imelda yang mewakili teman-temannya dari Jakarta.

Ketua Panpel TFF Johny Mambu mengatakan terkesan dengan tingginya animo masyarakat yang terlibat dalam transaksi jual beli bunga tersebut. "Inilah yang kami harapkan. Masyarakat, khususnya petani bunga di Tomohon, akan mendapatkan nilai tambah dari kegiatan ini. Anda lihat saja sendiri. Tentu tidak sedikit uang yang berputar dari arena pameran bunga ini," tandas Mambu.

Di arena TFF juga ada wisata kuliner mulai besok. Acara ini akan menampilkan aneka masakan tradisional dan cara pembuatannya. Misalnya, membuat nasi jaha, kue koyabu, kue cucur, kue panag merah, gula merah, kue curut, kacang hai, kue panada, kue kerput, hingga gula semut. Lomba masak yang akan diikuti siswa SMA/SMK, restoran, pengusaha katering, serta masyarakat umum itu juga akan dihadiri salah seorang pakar kuliner, Rudi Choirudin, yang sekaligus sebagai ketua tim juri. Dalam kegiatan yang dipersembahkan PKK Kota Tomohon dan Manado Post itu, juga akan diadakan demo masak oleh Rudi Choirudin. (lee/ily/jpnn/nw)

Sumber: www.jawapos.com (30 Juni 2008)