West Sumatera Tourism Award Kembali Digelar

Padang - Ajang penghargaan bagi kalangan yang peduli pada sektor pariwisata di Sumatera Barat, West Sumatera Tourism Award kembali digelar. Jika sebelumnya penghargaan bernama Padang Tourism Award, maka tahun ini pemberian penghargaan tidak terbatas hanya di Kota Padang, tapi juga di daerah di luar Kota Padang.

Pernghargaan yang merupakan kerjasama Forum Wartawan Pariwisata Sumatera Barat (FWPSB), Dinas Pariwisata Seni dan Budaya, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumbar dan Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (ASITA) Sumbar ini akan digelar 19 Desember 2008 mendatang.

Menurut Ketua FWPSB, Febriani ada 9 kriteria penilaian dalam acara tersebut. Yaitu hotel, tour operator, restoran, SPA, objek wisata, nagari/kelurahan wisata, tokoh masyarakat, pemandu wisata dan pusat souvenir. Kriteria nagari/kelurahan wisata dan pemandu wisata merupakan kriteria baru yang akan dinilai.

”Panitia mulai menyebarkan 10 ribu kuisioner bagi masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Sumbar hingga 21 Oktober mendatang. Penilaiannya sendiri akan dilakukan pada bulan November. Sedangkan penyerahan penghargannya tanggal 19 Desember mendatang di Pangeran Beach Hotel,” terang Febriani saat jumpa pers di kantor Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Sumbar, kemarin.

Turut hadir, Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Sumbar James Hellyward, Ketua PHRI Sumbar Maulana Yusran dan pengurus ASITA Ian Hanafiah dan Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Eddie Novra Cha.

Menurut James, tujuan penghargaan ini untuk mendorong pelaku wisata agar bisa tampil lebih baik. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan peranannya dalam memajukan wisata daerah ini.
Diakui James, West Sumatera Tourism Award sangat positif mendongkrak imej pariwisata Sumbar. Perbaikan-perbaikan terus dilakukan, termasuk menyediakan toilet di destinasi-destinasi pariwisata. “Kita minta juga pemerintah kabupaten/kota untuk menyediakan toilet di tempat-tempat andalan mereka. Di Pantai Padang misalnya, setiap 200 meter harus ada satu toilet,” kata James. (afi)

Sumber: www.padangekspres.co.id (04 September 2008)