Wisata Bahari Baru di Serdang

Sergai, Sumut - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara memproyeksikan Pantai Lestari Indah di Desa Pantai Cermin Kanan, Kecamatan Pantai Cermin, sebagai kawasan wisata bahari baru kedua setelah objek wisata Pantai Cermin Theme Park.

"Pantai Lestari Indah akan dimasukkan dalam program tata ruang Pemkab (Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai untuk dijadikan kawasan wisata bahari," kata Bupati Serdang Bedagai (Sergai), H. T Erry Nuradi, di Sei Rampah.

Program penataan ruang yang segera direalisasikan Pemkab Sergai di kawasan Pantai Lestari Indah, menurut dia, di antaranya berupa peningkatan kualitas jalan sepanjang 1,8 kilo meter menuju kawasan wisata bahari yang telah diresmikan Bupati Sergai itu.

Erry menambahkan, pihaknya berkomitmen untuk mendukung program pembangunan kepariwisataan di Sergai melalui berbagai program pembangunan infrastuktur dan optimalisasi kegiatan promosi, agar kabupaten itu semakin dilirik oleh para investor dan wisatawan.

Karena itu, dia mengajak segenap kalangan pelaku usaha pariwisata dan masyarakat di Sergai agar turut bahu membahu bersama Pemkab setempat sehingga diharapkan arus kunjungan wisatawan domestik dan manca negara ke daerah itu dari tahun ke tahun meningkat.

Untuk meningkatkan minat dan arus kunjungan wisatawan, menurut Erry, ada beberapa kiat strategis yang perlu dijadikan pedoman, antara lain "place" atau tempat, "price" atau harga dan " pashion" atau daya tarik.

Khusus untuk kategori wisata bahari, lanjut dia, sedikitnya ada 35 item yang dicari oleh para wisatawan, di antaranya "sun" atau matahari, "sea" atau laut dan "sand" atau pasir.

"Para pengelola pariwisata bahari harus jeli merespon minat wisatawan tersebut dengan mengemas beragam paket yang menarik, tanpa harus saling menjatuhkan," ucapnya.

Dia menambahkan, Sergai memiliki potensi menjadi salah satu pusat wisata bahari terbesar di Sumatera Utara (Sumut), karena di kabupaten yang berhadapan langsung dengan perairan Selat Malaka itu banyak terdapat lokasi pantai yang diyakini mampu memberi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, termasuk kawasan wisata Pulau Berhala.

Tokoh masyarakat dan pengusaha Sumut, Ardjan Leo mengakui, sejumlah kawasan di sepanjang pesisir Sergai cukup menarik dikembangkan dikelola menjadi pusat wisata bahari dan berpeluang memberi kontribusi bagi masyarakat, termasuk menambah kesempatan kerja baru.

"Sergai memiliki sejumlah potensi untuk dikembangkan. Potensi wisatanya kalau dikelola dengan baik, tak kalah dengan daerah lain," katanya.