Depbudpar Masukkan Java Jazz Festival dalam 100 Event Visit Indonesia Year 2008

Jakarta - Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Jero Wacik mengatakan, Jakarta International Java Jazz Festival (JIJJF) masuk dalam 100 event utama program Visit Indonesia Year 2008. "Kami memasukkan JIJJF dalam 100 event VIY 2008 karena gaung Java Jazz ini sudah mendunia dan mendatangkan artis internasional," kata Menbudpar Jero Wacik kepada wartawan ketika akan menyaksikan JIJJF di Jakarta Convention Center, Sabu (8/3).

Menurut Menbudpar, penyelenggaraan JIJJF akan membuka mata dunia bahwa Indonesia aman untuk dikunjungi wisatawan dari seluruh dunia, dan kehadiran para artis internasional dalam pesta musik jazz ini akan meningkatkan citra Indonesia ke mancanegara. "Kalau cara kerja antara swasta seperti yang dilakukan oleh Peter F.Gontha dari Java Festival Production dengan pemerintah dan masyarakat seperti ini, saya yakin target kunjungan 7 juta wisman tahun ini akan mudah tercapai," kata menteri.

Festival jazz berskala internasional yang akan berlangsung 7-9 Maret ini menghadirkan sekitar 1.500 artis pendukung dari dalam dan luar negeri dengan 80 pertunjukan per hari.

Jumlah penyanyi dan musisi yang tampil selama tiga hari festival terdiri atas 56 grup internasional dan 110 grup dari Indonesia. Festival JIJJF 2008 fokus pada konsep `big band` sehingga jumlah personelnya juga sangat besar. Ada 19 panggung disiapkan dengan total 240 pertunjukan selama tiga hari.

Tampil sejumlah vokalis pop terkemuka antara lain James Ingram dan Boby Caldwell, penyanyi dan komposer R&B Babyface, Earth Wind and Fire Experience bersama Al McKay All Stars dan grup vokal jawara "Grammy Award" The Manhattan Transfer. Sedangkan dari dalam negeri akan tampil Dian Pramana Poetra, Rieka Roeslan, Andien, Nina Tamam, Glenn Fredly, Dewi Sandra, Benny Likumahuwa, Oele Pattiselanno, Bubi Chen, Dwiki Dharmawan.

Dalam pertunjukan ke-4 Java Jazz tahun ini, yang diklaim sebagai pesta musik jazz terbesar di dunia, juga akan diserahkan sejumlah penghargaan pada Oele Pattiselanno (The Indonesian Jazz Legend Award), Idang Rasjidi (The Indonesian Jazz Talent Award), dan acara Jazz Goes To Campus (The Indonesian Jazz Apreciation Award), bersama The Manhattan Transfer (The International Jazz Legend Award) dan Renee Olstead (The International Jazz Talent Award).

Sumber: www.budpar.go.id (11 Maret 2008)