Industri MICE, Semangat Baru Pariwisata

Melbourne, Australia - Pariwisata kini tak hanya berkonsentrasi pada paket liburan. Industri meeting, incentives, convention, dan exhibition atau dikenal dengan industri MICE memunculkan semangat baru promosi wisata. Di negara maju, MICE menjadi penggerak utama roda pariwisata sekaligus mendatangkan devisa lebih besar dan mampu menyedot banyak pengunjung. Itulah yang terlihat di Asia Pasific Incentives and Meeting Expo (AIME) 2008 di Melbourne, Australia pada 19 hingga 20 Februari silam.

Sejumlah negara di kawasan Asia Pasifik ikut dalam ajang tersebut, termasuk Indonesia. Sebagai negara tujuan wisata di Asia, Indonesia memiliki berbagai keunggulan dalam industri MICE. Ada sepuluh kota tujuan utama MICE di Tanah Air yang tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, dan Sulawesi.

Sayang, langkah promosi industri MICE yang diambil pemerintah sepertinya tidak mendapat tannggapan positif dari sektor swasta karena hanya enam pihak swasta pelaku industri MICE Indonesia yang tampak dalam pameran itu. Mereka berkompetisi bersama 800 pelaku industri MICE se-Asia Pasifik untuk memperebutkan sekitar 8.000 calon pembeli jasa.

Sumber: www.liputan6.com (10 Maret 2008)