Pantai Parai, Andalan Bangka Belitung

Pangkalpinang - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan menjadikan salah satu pantai di Babel sebagai daerah tujuan wisata unggulan untuk mendukung Visit Indonesia 2008 (tahun kunjungan Indonesia 2008) serta menjelang Visit Babel Archipelago 2010 (tahun kunjungan kepulauan Babel 2010).

"Ada daerah tujuan wisata unggulan kita sekarang ini sekitar pantai Parai, Pesona, di samping mendukung Visit Indonesia 2008 juga untuk menjelang Visit Babel Archipelago 2010, jadi semua aspek yang bisa menarik perhatian akan dikembangkan," ujar Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Eko Maulana Ali di Pangkalpinang, Sabtu (8/3).

Menurutnya, pengembangan seni tradisional daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga sudah patut untuk dikembangkan tidak hanya di tingkat lokal, tetapi nasional dan internasional.

"Seperti pengembangan seni tradisional daerah gambus, saat ini kita kembangkan di tingkat provinsi. Nantinya di tingkat nasional dikembangkan, juga dengan beberapa seperti bola voli pantai dan di sektor lainya juga perlu dikembangkan secara bertahap agar dikenal baik secara nasional, regional, dan internasional," ujarnya

Gubernur mengharapkan, dengan keterbatasan yang dimiliki Pemerintah Provinsi, perlu peran serta semua pihak khususnya peran serta dari pemerintah daerah kabupaten dan kota.

"Untuk mencapai hal tersebut perlu peran serta dari pemda kabupaten dan kota dan masyarakat. Tanpa gebrakan dari pemda kabupaten dan kota susah juga. Kemampuan provinsi terbatas baik berkenaan dengan dana, manusia juga wilayahnya, karena yang punya wilayah bupati dan wali kota," ujarnya.

Sumber: www.mediaindonesia.com (11 Maret 2008)