Wisata Paloh Perlu Dikelola Secara Maksimal

Paloh, Sambas - Potensi wisata yang ada di Kecamatan Paloh, masih perlu dikelola dengan maksimal oleh pemerintah. Selain keindahan yang dimiliki, letak Paloh yang strategis, berada di daerah perbatasan antar negara, menjadi keunggulan tersendiri. “Nah, tinggal bagaimana menggaet wisatawan dari luar, itu saja yang harus difokuskan,” ungkap Dedi S Helmi, anggota DPRD Sambas asal Paloh, belum lama ini, di Sambas.

Kenyataan yang ada mesti diakui, tukasnya, berbagai infrastruktur pendukung di Paloh sekarang ini masih sangat kurang. Mulai dari sarana jalan, angkutan, penginapan, dan sejumlah yang lainnya. Padahal hal tersebut, kata Dedi, menjadi prasyarat bagi orang luar untuk bertandang ke wisata tujuan.

Mengingat pengelolaan sebuah kawasan wisata membutuhkan biaya yang besar, imbuh Dedi, untuk penataan Paloh memang semestinya bukan hanya oleh Pemkab, melainkan juga andil dari Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat. “Karena kelebihannya itu tadi, letaknya yang stretegis yaitu berada di segitiga emas, Indonesia, Singapura dan Malaysia. Lintasan darat, laut, maupun udaranya sangat memungkinkan,” paparnya meyakinkan.

Sumber: www.pontianakpost.com (10 Maret 2008)