Jateng Terbaik Festival Tari Nusantara

Semarang, Jateng - Jawa Tengah mendapatkan predikat terbaik dalam sejumlah kategori pada Festival Nasional Kesenian Tari Nusantara Tahun 2011 di Jakarta, belum lama ini.

Saat menyampaikan penghargaan kepada Gubernur Bibit Waluyo di kantornya, Selasa (4/10) pagi ini, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jateng Prasetyo Aribowo menyatakan apresiasi ini diharapkan bisa membawa nama baik Jateng khususnya di bidang pariwisata semakin meningkat.

Festival tari ini diikuti 25 provinsi se-Indonesia sedangkan delapan provinsi yang tidak hadir adalah Sumut, Riau, Kepulauan Riau, Sumatra Barat, Sulawesi Barat, Maluku Utara, NTB dan Papua.

Kontingen Jateng berjumlah 25 orang diwakili Studio Muncar dari Surakarta yang dibantu tim teknis dari Taman Budaya Jateng dan Dinbudpar Jateng. Setiap peserta menampilkan garapan yang menunjukkan identitas masing-masing dikemas dalam pertunjukan panggung berdurasi 15-20 menit dan menggunakan musik hidup.

Jateng menampilkan Tari Sapu Jagad yang merupakan pengembangan dari Kesenian Rakyat Jawa Ndolalak dari Purworejo Jateng. Penghargaan diraih untuk kategori publikasi terbaik, penata musik dan penata tari terbaik tanpa jenjang.