Enam Sastrawan Jateng Diundang ke JILFEST 2011

Semarang, Jateng - Enam sastrawan Jawa Tengah diundang untuk mengikuti Jakarta International Literature Festival (JILFEST) 2011 di Hotel Millenium Sirih Jakarta, 6-8 Desember. Mereka adalah Gunoto Saparie dan Triyanto Triwikromo (Semarang), Habiburrahman El-Shirazy (Salatiga), Nana Riskhi Susanti (Tegal), Thomas Budi Santoso serta Jumari HS (Kudus).

"JILFEST merupakan forum sastra yang melibatkan selain para sastrawan Indonesia, juga dari Malaysia, Singapura, Thailand, dan Brunei Darussalam," kata Ketua Bidang Kerja Sama Dewan Kesenian Jawa Tengah Gunoto Saparie yang juga diundang dalam even itu.

Gunoto mengatakan, dalam forum itu para sastrawan selain akan membacakan karya-karya mereka, juga mendiskusikan masalah sastra dalam semangat kebangsaan dan multikulturalisme. "Pada kesempatan itu juga diadakan lokakarya penulisan puisi dan cerita pendek untuk para guru DKI Jakarta," ujarnya.

Sastrawan Indonesia yang hadir selain dari Jateng antara lain Sutardji Calzoum Bachri, Ahmadun Yosi Herfanda, Abdul Hadi WM, Agus R Sarjono, Meidy Loekito, Joni Ariadinata, Agus Noor, dan Eka Budianta. Sedangkan para sastrawan mancanegara antara lain Nick Abdul Rakib (Thailand), Mohammad Sharin (Brunei Darussalam), Masli No (Malaysia), Jan vander Putten (Belanda), John McGlinn (Amerika Serikat), Harry Aveling (Australia), Werner Schulce (Austria) dan Bertold Damshauser (Jerman).